Berapakah Harga Pasang Iklan di TV Indonesia?

Berapakah Harga Pasang Iklan di TV Indonesia?
Sipayo.com – Menurut rilis yang dipublikasikan Nielsen (perusahaan yang bergerak di bidang informasi global serta media yang berfokus pada penelitian dan riset) pada bulan Mei 2014, secara keseluruhan konsumsi masyarakat Indonesia masih sangat tinggi, khususnya kota-kota besar, yakni mencapai 95 persen.
Tingginya animo masyarakat menjadikan televisi sebagai media informasi dan hiburan, membuat keberadaan media elektronik yang satu ini masih menjadi primadona bagi kalangan pengiklan untuk mempromosikan produknya. Semakin tingginya minat pengiklan memperkenalkan produknya melalui media televisi, sekaligus menjadikan tarif pasang iklan di media TV juga semakin meningkat.
Sebagai masyarakat yang kerap mengkonsumsi media TV sebagai sarana informasi dan hiburan, tentu Anda juga kerap bertanya dan ingin mengetahui, berapa sih harga pasang iklan di TV Indonesia? Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari simak ulasan Sipayo.com yang dikumpulan dari berbagai sumber berikut ini:
Menurut Brilian K Jaya, seorang pengamat televisi dan dunia hiburan yang sekaligus sebagai penulis buku Broadcast Undercover melalui tulisannya di Kompasiana, menyebutkan bahwa harga spot iklan di televisi tergantung dari rating-share acara yang sedang ditayangkan.
“Spot iklan 30 detik di pertandingan sepakbola, harganya tak jauh beda dengan spot iklan di sinetron. Bahkan, beberapa sinetron harga spot iklannya kalah jauh dibanding spot iklan pada pertandingan sepakbola,” tulisnya.
Brilian dengan nama akun Om Brill di Kompasiana ini menyebutkan bahwa harga spot iklan di TV bisa jadi jauh berbeda, dan hal itu tergantung terhadap rating-share suatu acara.
“Ketika Global TV merayakan HUT ke-11, harga spot iklan per 30 detik dibandrol 50 juta perak. Bandingan dengan spot iklan pada saat pertandingan sepakbola Indonesia vs Malaysia yang waktunya bersamaan dengan HUT Global TV, yakni 125 juta perak. Beda jauh bukan?” Tulis Brilian.
Selain informasi dari Brilian, harga pasang iklan di TV Indonesia juga ternyata banyak menjadi ulasan dibeberapa website pemerhati harga. Seperti website harga.web.id misalnya, menyebutkan bahwa setiap stasiun televisi kerap mamasang tarif yang berbeda-beda.
Di website harga.web.id juga menyebutkan bahwa harga pasang iklan di televisi juga tergantung durasi dan jam tayangnya. Adapun biaya pasang iklan di televisi nasional menurut website tersebut adalah bervariasi mulai Rp 5 jutaan hingga Rp 14 juta dengan durasi per 30 detik.

Berikut adalah rangkuman rata-rata harga pasang iklan di TV menurut jam tayang untuk televisi nasional, seperti yang dikutip dari harga.web.id:

Jam tayang Biaya per 30 detik
00.00-05.00 5 – 7 Juta
05.00-08.00 7 – 9 Juta
08.00-12.00 6 – 8 Juta
12.00-13.00 7 – 9 Juta
13.00-17.00 6 – 8 Juta
17.00-21.00 12 – 14 Juta
21.00-00.00 7 – 9 Juta

Dari rangkuman informasi diatas, maka dapat diketahui bahwa harga pasang iklan di TV Indonesia ternyata cukup memakan biaya yang cukup besar. Lalu apakah Anda sudah siap mengiklankan produk Anda di Televisi Indonesia?