Buah Semangka Bermanfaat untuk Mendukung Program Diet

Buah Semangka Bermanfaat untuk Mendukung Program Diet
Sipayo.com – Dalam rangka menurutkan berat badan, maka tidaklah selamanya Anda harus merelakan semua makanan yang dicintai. Kunci utama dari program diet adalah memilih makanan yang sehat dan mengkonsumsinya dengan porsi cukup kalori agar dapat dibakar dalam tubuh menjadi energi.

Buah dan sayuran merupakan jenis makanan yang rendah kalori dan sangat baik bagi Anda yang mencoba untuk menurunkan berat badan. semangka merupakan salah satu buah pilihan yang sangat baik dikonsumsi saat melaksanakan program diet.

Semangka juga memiliki kandungan nutrisi seperti lycopene yang dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit kanker. Agar Anda dapat mengatahui manfaat semangka dalam rangka menunjang program diet Anda, maka berikut adalah penjabarannya seperti yang dikutip dari healthmeup.

Mencegah retensi air dalam jaringan tubuh
Retensi air dalam tubuh merupakan suatu kondisi di mana jaringan pada tubuh menyimpan air terlalu banyak. Dehidrasi merupakan satu hal yang menyebabkan retensi air. Ini dapat menyebabkan kembung yang membuat perut menjadi terlihat lebih besar. Sementara semangka yang memiliki 90 persen kandungan air dapat membantu tubuh terhindar dari dehidrasi dan mengurangi retensi cairan.

Rendah kalori dan lemak
Menurut perhitungan, dari 100 gram semangka hanya mengandung 30 kalori. Satu irisan semangka juga mengandung kurang dari satu gram lemak dan kolesterol. Ketika mengkonsumsi semangka semangku, maka tubuh Anda akan turut menyimpan ratusan kalori.

Membuat kenyak lebih lama
Semangka juga turut dapat memperpanjang rasa kenyang, semangkuk semangka juga dapat memenuhi kebutuhan serat harian yang disarankan. Serat memperlambat proses pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Makanan yang memiliki kandungan air tinggi seperti buah semangka turut dapat menekan nafsu makan. Air dari semangka membutuhkan waktu lebih lama untuk meninggalkan perut terasa kenyak lebih lama setelah makan.

Manfaat bagi kesehatan
Semangka juga kaya akan elektrolit, natrium, dan kalium. Ini dapat membantu mencegah dehidrasi. Semangka juga merupakan L-citrulline/L-arginine, yaitu asam amino yang menurunkan tekanan darah. Kandungan nutrisi dalam semangka juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Belum lagi dengan kandungan vitamin seperti A, C, B-6, dan tiamin.

Dari berbagai kesimpulan diatas, maka semangka ternyata sangat bermanfaat dalam rangka mendukung program diet yang sedang Anda jalankan. Sebagai kesimpulan, bahwa semangka memang sangat cocok dikonsumsi ketika Anda sedang menjalani program diet untuk mengurangi berat bedan.