Foto KH Hasyim Asy’ari Tanpa Jenggot Sudah Benar

Foto KH Hasyim Asy’ari Tanpa Jenggot Sudah Benar
 
Sipayo.com – Saat deklarasi hari santri, Kamis, (22/10) kemarin, Foto KH Hasyim Asy’ari tanpa jenggot terpampang menjadi latar belakang panggung, di di Tugu Proklamasi.
 
Foto KH Hasyim Asy’ari tanpa jenggot ternyata menimbulkan polemik, karena pada umumnya orang mengetahui bahwa sosok Kiai pendiri NU ini memiliki jenggot sebagaimana pada foto-foto yang beredar selama ini.
 
Kemudian timbul pertanyaan, apakah KH Hasyim Asy’ari berjenggot atau tidak ?
 
Untuk menjawab kebenaranya seperti apa sebenarnya KH Hasyim Asy’ari, simak penelusuran sipayo,com dibawah ini.
 
Dikutip sipayo.com pada halaman republika, Jumat (23/10/2015) Penulis buku Guru Sejati Hasyim Asy’ari, Masyamsul Huda mengatakan bahwa foto Kiai Hasyim Asy’ari tanpa jenggot merupakan sebuah lukisan  karya Badri dari Pasuruan yang diperuntakan untuk cover buka yang ditulisnya.
 
Lukisan itu dipesan oleh Gus Riza Yusuf Hasyim untuk memvisualkan perjuangan Mbah Hasyim ketika menghadapi kekejaman tentara Nippon. Setelah selesai dibuat, Gus Riza dan badri mengahadap almarhum KH Hamid Baidlowi dan Bapak Bulkin (khadam Mbah Hasyim yang ikut ditangkap tentara Jepang) untuk memastikan kalau lukisan itu benar menyerupai wajah Kiai Hasyim.
Jawaban kedua orang itu menjawab, bahwa lukisan itu benar menyerupai wajah Kiai Hasyim.
 
“Menurut mereka,  Hasyim raut wajahnya klimis tidak berjenggot” Ujar Masyamsul
 
Pendapat kedua orang dekat Kiai Hasyim kemudian dikonfrontir lagi oleh Masyamsul dengan  ayahnya Ahmad Riyadi yang merupakan salah satu pengawal Kiai Hasyim. Menurut Ahmad Riyadi, benar bahwa Kiay hasyim itu selalu klimis, wangi, rapi dengan kerah shanghai warna abu-abu pekat.
 
“Jadi lukisan itu sudah benar, Mbah Hasyim itu klimis tak berjenggot, jadi tak usah dijadikan polemik lagi,” kata Masyamsul.