Ini Bahaya Asap Bagi Kesehatan Manusia

Ini Bahaya Asap Bagi Kesehatan Manusia
 
Sipayo.com – Kabut asap yang melanda Indonesia sebulan belakangan ini, perlu diwaspadai, kerena kabut asap berbahaya dan berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Gangguan kesehatan akan lebih mudah terjadi pada orang yang mengalami penyakit paru dan jantung, lansia, dan anak-anak.
 
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI Tjandra Yoga Aditama mengatakan dampak langsung yang akan dirasakan adalah infeksi paru dan saluran napas (ISPA).
 
Kabut Asap menyebabkan iritasi lokal pada selaput lendir di hidupn, mulut dan tenggorakan yang mengakibatkan Dampak langsung yang akan dirasakan adalah infeksi paru dan saluran napas (ISPA) bahkan pneumonia.
 
ISPA akan mengakibatkan kemampuna paru untuk mengatasi infesi semakin berkurang, begitu juga daya tahan  tubuh juga akan semakin lemah.
 
“Berbagai penyakit kronik di berbagai organ tubuh, seperti jantung, hati, ginjal juga dapat saja memburuk. Sebab, dampak tidak langsung kabut asap dapat menurunkan daya tahan tubuh dan juga menimbulkan stres,” ungkap Tjandra seperti dikutip sipayo.com pada healthkompas, senin (26/10/2015).
 
Untuk itu, dianjurkan bagi masyarkat yang memiliki penyakit kronik dan gangguan pernapasan agar menguruangi kegiatan diluar rumah, gunakan masker dan jangan lupa menerpakan pola hidup sehat.