Mahasiswa Karo Saat ini Kurang Kritis

Mahasiswa Karo Saat ini Kurang Kritis
 
Sipayo.com – Mahasiswa Karo dewasa ini dinilai kurang kritis. Hal ini dilihat dari tidak adanya pergerakan mahasiswa Karo untuk mengkritisi kebijakan pemerintah yang tidak berpihak kepada masyarakat.
 
Hal diatas diungkapkan oleh Koordinator Pemuda dan Mahasiswa DPD HMKI Sumut, Alexander Firdaust Miliala kepada media sipayo.com, Senin (19/10/2015) di Medan.
 
Menurut Alex, Situasi ini sangat jauh berbeda ketika pada kisaran 2000-2005, dimana pada masa itu masih banyak organ-organ mahasiswa berbasis Karo mengkritisi kebijakan pemerintah, bahkan tidak segan-segan turun ke jalan untuk menyuarakan aspirasi mereka.
 
“Dulu mahasiswa karo berani dan kritis, mereka tidak segan-segan menyuarakan pemikiran mereka baik itu turun kejalan melakukan demonstrasi maupun dengan melayangkan surat” Ujar Alex
 
Alexander melihat Mahasiswa Karo sekarang cenderung menerima apapun yang terjadi, dan kegiatan mereka juga hanya seputar Gendang Guro-Guro Aron.
 
“Karakter mahasiswa Karo sekarang lembek dan bahkan cenderung “nerimo”, adapun kegiatan mereka hanya melakukan gendang guro-guro aron” Kata Alex
 
Alex mengakui. bahwa kegiatan budaya seperti Gendang-Gendang Guro Aron memang pelu dan wajib dilestarikan, tapi mahasiswa juga adalah agen perubahan yang harus mampu memberikan pemikiran untuk kemajuan.
 
“Guro-guro Aron itu perlu, tapi ingat mahasiswa juga agen perubahan yang pemikirannya diperlukan sebagai kontrol sosial atas kebijakan pemerintah” Papar Alex.
 
Alex mengakui, belum mengetahui apa akar masalah mengapa mahasiwa karo saat ini kurang kritis. Saat ini pihaknya sedang melakukan kajian, sebagai bahan untuk membuat langkah-langkah pembenahan.
 
‘Saat ini kita masih melakukan kajian, nanti pasti kita akan membuat program pembenahan dan pembinaan” pungkas Alex.