8 Manfaat Sayur Okra untuk Kesehatan

8 Manfaat Sayur Okra untuk Kesehatan
Sipayo.com – Okra merupakan kacang Arab yang populer di dapur masyarakat Mediterania dan India. Dengan bentuknya yang panjang dan meruncing pada bagian ujungnya, okra juga kerap disebut ladyfingers. Pada bagian tengah okra berlubang-lubang dan sedikit berlendir. Ini menunjukkan bahwa sayuran berwarna hijau ini kaya akan serat.

Di Indonesia, keberadaan okra memang belum begitu familiar. Pada umumnya okra banyak diambil buah mudanya untuk dijadikan sebagai sayur. Di beberapa negara seperti India, Srilangka, dan juga Saudi Arabia, masakan buah okra sangatlah populer dan mudah ditemui.

Dengan kandungan kadar air 70-80%, protein 3.90%, lemak 2.05%, kalium 6.68%, fosfor 0.77%, karbohidrat 1.4%, dan kalori 39.97 kal/100g, berikut ini adalah beberapa manfaat sayur okra untuk kesehatan tubuh Anda:

1. Menstabilkan gula darah
Dengan kandungan serat yang terdapat pada okra sangat membantu untuk menstabilkan gula darah dengan membatasi tingkat di mana gula diserap dari saluran usus.

2. Mengikat asam empedu kolesterol
Lendir yang terdapat pada okra mampu mengikat asam empedu kolesterol dan membawa racun dibuang ke dalamnya oleh penyaringan dalam hati.

3. Melumasi usus besar
Okra juga membantu melumasi usus besar karena kualitas curah pencahar. Serat okra juga mampu menyerap air dan memastikan massa dalam tinja. Ini akan turut membantu mencegah sembelit.

4. Menjaga saluran usus
Serat okra juga sangat baik untuk memberikan makanan bagi bakteri baik (probiotik). Hal ini sekaligus memberikan kontribusi bagi kesehatan saluran usus. Ini sangat mirip dengan fungsi yoghurt di usus kecil yang membantu biosintesis vitamin B kompleks.

5. Mengatasi keletihan
Sayur okra juga sangat membantu untuk mengatasi rasa lemah, letih, dan menghilangkan gangguan depresi.

6. Menyembuhkan bisul
Okra juga kerap digunakan untuk penyembuhan bisul dan menjaga lentur sendi.  Ini membantu untuk menetralisir asam, yang sangat alkali, dan menyediakan lapisan pelindung sementara untuk saluran pencernaan.

7. Mengobati radang paru-paru
Okra juga kerap digunakan untuk mengobati radang paru-paru, sakit tenggorakan, dan iritasi yang terdapat pada usus besar.

8. Mengganti plasma darah eksperimental
Di India, sayuran okra juga telah berhasil digunakan dalam penggantian plasma darah eksperimental. Dalam mempertahanakan sebagian besar nutrisi okra ini harus setengah matang, misalnya dengan api kecil atau dikukus secara tidak terlalu lama. Beberapa orang juga mengkonsumsi secara mentah.