Menakar Keberhasilan Terkelin Brahmana Memimpin Kabupaten Karo Bag 1

Menakar Keberhasilan Terkelin Brahmana Memimpin Kabupaten Karo Bag 1
 
Menakar Keberhasilan Terkelin Brahmana Memimpin Kabupaten Karo Bag 1
Oleh : Donsisko Peranginangin,SH
 

Pada tanggal 25 Maret 2011, Terkelin Brahmana dilantik menjadi wakil Bupati  mendampingi Kena Ukur Karo Jambi Surbakti sebagai Bupati Kabupaten Karo. Pasangan ini berhasil memenangkan pilkada karo dengan dua putaran setelah mengalahkan pasnagan Siti Aminah br Peranginangin – Sumihar Sagala pada putuaran kedua.
 
Pilkada harus dilaksanakan dua puturan karena tidak ada pasangan yang mendapatkan lebih dari 30 % total suara sah. Pasangan Kena Ukur Karo Jambi SUrbakti – Terkelin Brahmana pada putaran pertama meraih suara 16,01 %  Suara berhak maju keputuran kedua bersaing dengan pasnagan Siti Aminah Br Peranginangin – Sumihar Sagala yang berhasil memperoleh suara 19,49 %.
 
Pada putaran kedua, pasangan Kena Ukur Karo Jambi – Terkelin Brahmana, SH berhasil unggul dengan perolehan suarah 61,9 %, sedangkan pasangan siti Aminah- Sumihar hanya mampu mendulang suara 38,1 %.
 
Pasangan Kena Ukur Karo Jambi Surbakti-Terkelin Brahamana maju pada Pilkada 2010 mengusung Visi dan misi yang sangat singkat bahkan tersingkat dari 9 pasangan lain. Adapun visi yang diusung adalah Mewujudkan Kabupaten Karo Yang Makmur dan Sejahtera dan Misi Meningkatkan produksi pertanian sektor unggulan yang kompetitif yang didukung jaringan agro industry Sumatera Utara.
 
Sementara itu, pasangan Siti Aminah – Sumihar yang mengusung Visi Mewujudkan masyarakat Karo yang damai sejahtera, demokratis, dan berbudaya melalui peningkatan pelayanan masyarakat, pengembangan ekonomi dan sumber daya manusia. Dan Misi Mewujudkan pemerintahan yang bersih melalui penyelenggaraan pemerintahan yang transpara, Meningkatkan perekonomian rakyat berbasis pedesaan melalui  pengembangan potensi pertanian, peternakan dan pariwisata, Meningkatkan kualitas pelayanan bidang pendidikan dan kesehatan, Meningkatkan pembangunan infrastruktur, Meningkatkan pemberdayaan perempuan tanpa mengurangi nilai-nilai budaya Karo.
 
Sebagai daerah yang mayoritas pendudukanya hidup dari pertanian tentu misi yang diemban oleh Karo Jambi – Tekelin Brahmana sangat relevan diterapkan, namun masih dperlukan misi lain yang lebih menyeluruh dan menyentuh sektor-sektor penting kehidupan masyarakat dalam mencapai masyarakat Sejahtera seperti meningkatkan infrasturktur, penyelenggaran pemerintah yang bersih dan transparan dll seperti yang menjadi misi Siti Aminah – Sumihar.
 
Pada prinsipnya semua visi misi yang diusung setiap calon adalah baik, hanya tingkat kualitas dan kuantintas yang berbeda. Visi misi itu akan berguna dan bernilai bila dikonkretkan dalam bentuk sebuah program kegiatan dan dilaksanakan untuk perubahan serta perbaikan kehidupan masyakat menuju visi yang dicita-citakan.
 
Visi misi pasangan calon sangat penting untuk diketahui sebelum dipilih karena dengan itu kita dapat mengetahui kualitas pemikiran, pemahaman dan niat mereka dalam membangun suatu daerah tempat mereka  hendak menjadi pimpinan.  Dari situ juga kita nantinya dapat mengukur sisi keberhasilan kepemimpinan pasangan yang sudah terpilih.
 
Bila kita melihat dari sisi visi misi yang diusung, maka anda boleh setuju atau tidak yang layak untuk dipilih pada saat itu adalah Siti Aminah – Sumihar. Kenyataannya pada saat itu pasangan Kena Ukur  – Terkelin Brahmana yang dipilih rakyat. Mungkin para pemilih saat itu tidak melihat dari sisi Visi misi yang diusung melainkan  dari sisi lain seperti kedekatan emosional atau dapat juga sesuatu yang “membutakan” akal sehat dan kejernihan berpikir manusia.
 
Terlepas Apa yang menjadi alasan dan faktor yang membuat masyarakat menjatuhkan pilihan kepada Kena Ukur – Terkelin, yang past pada saat itu pasangan ini menjadi pemenang dan berhak menjadi orang nomor 1 dan 2 kabupaten karo untuk periode 2011-2016. Pasangan ini dipercaya oleh masyarakat untuk mewujudkan Visi Misi yang mereka usung saat kampaye.

Pertanyaan adalah apakah misi itu sudah dilaksanakan, untuk mewujudkan kabuputen karo yang sejahtera ?
 
Bersambung..