Pelaku Pedofil Bakal Dihukum Kebiri

Pelaku Pedofil Bakal Dihukum Kebiri
 
Sipayo.com– Pelaku kekerasan seksual pada anak dibawah umur (Pedofil) direncanakan bakal dikenakan hukuman kebiri. Saat ini, pemerintah melalui sedang melakukan kajian bersama pihak terkait.
 
Hal ini diungkpakan oleh Menteri Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly saat menghadiri pertemuan Menteri Hukum ASEAN (ALAWMM) di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Kamis (22/10/2015).
 
“Harus ada standar untuk sampai mengatakan (kebiri) itu mengurangi libido. Itu kan harus, tetapi kalau kebiri membuang testis, tidaklah,” Ujar Yasona seperti dikutip sipayo.com pada antara.
 
Pihaknya saat ini sedang melakukan kajian bersama  Kejaksaan Agung, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, lembaga swadaya masyarakat dan instansi terkait lainnya.
 
Sebelumnuya, Jaksa Agung HM Prasetyo menilai bahwa kekerasan seksua terhadap anak, menimbulkan efekyang luar biasa untuk itu hukum kebiri diharapkan membuat para paedofil jera dan berpikir 1.000 kali jika ingin melakukannya.
 
Wacana pemerintah untuk memberlakukan hukuam kebiri bagi pelaku Pedofil mendapat dukungan dari PB NU. Bahkan menyarankan agar selain kebiri juga dikenakan sanksi sosial agar masyarakat mewaspadai pelaku.
 
Sekretaris Jenderal PBNU Helmy Faishal Zaini, mengatakan bahwa baik secara hukum pidana maupun hukum agama, pelaku kejahatan seksual terhadap anak perlu mendapat hukuman berat.
 
“Harus ada hukuman. Prinsipnya, undang-undang harus bisa memberikan efek jera terhadap pelakunya, Pelaku harus diberikan stigma negatif di masyarakat. Biar orang di sekelilingnya tahu dan bisa mewaspadai pelaku paedofil,” kata Helmy.