Penyebab Fransiskus Subihardayan Selamat Dari Helikopter Jatuh

Penyebab Fransiskus Subihardayan Selamat Dari Helikopter Jatuh
Sipayo.com – Hal Apa yang membuat Fransiskus Subihardayan selamat dari kecelakaan helikopter jatuh di Danau toba? Tentu pertanyaan ini ada dibenak kita saat mengetahui kabar dirinya selamat.
 
Seperti diketahui, Helikopter EC 130 yang ditumpangi oleh Fransiskus Subihardayan hilang kontak dan jatuh pada minggu (11/10) lalu di Danau Toba, Samosir. Berarti Fransikus baru ditemukan lebih dari 48 jam setelah  kejadian, Artinya Fransiskus harus bertahn sekitar 3 hari di air agar selamat.
 
Menurut penuturan Fransiskus kepada tim yang menyelamatkan dirinya yang kemudian disampaikan ulang oleh Deputi Operasi Badan SAR Nasional (Basarnas) Mayjen Heronimus Guru kepada media, Selasa (13/10/2015) loncat sebelum heli jatuh dan encek gondok yang menjadi penyebab Fransiskus selamat.
 
“Kata Fransiskus, mereka (bersama Nurhayanto dan Giyanto) bisa lompat keluar heli,” kata Heronimus
 
Mereka jatuh di eceng gondok dikawasan onan baru, Onan Runggu, Kabupaten Samosir dan bertahan disitu. Namun lama-kelamaan Nurhayanto dan Giyanto tidak diketahui lagi keberadaannya, sedangkan Fransiskus tetap bertahan.
 
Fransisku tetap bertahan hingga siang tadi, selasa (13/10/2015) dirinya ditemukan oleh tim SAR dalam kondisi lemah tidak pakai baju hanya celana. Dirinya kemudian dilarikan ke puskesmas terdekat di Onan Runggu untuk mendapatkan perawatan