Soal Kebersihan, Randiman Tarigan Ingin Contoh Balikpapan

Soal Kebersihan, Randiman Tarigan Ingin Contoh Balikpapan
 
Sipayo.com – Kebersihan kota medan, salah satu fokus perhatian dari Randiman Tarigan dalam memimpin kota Medan. Hal ini terlihat dari awal sejak dirinya dilantik dimana Randiman rajin berbicara mengenai kebersihan kota medan.
 
Sehari setelah dilantik, Randiman langsung mengevaluasi Dinas kebersihan bersama SKPD lain, kemudian melakukan inspeksi mendadak, dan yang terakhir menyampaikan permohonan maaf ketika acara Radio Walikota Medan menjawab selasa (13/10) kemarin.
 
Pada acara ang diselenggarakan salah satu radio bekerjasama dengan Dinas Kominfo Kota Medan di Aula Kantor Camat Medan Amplas Randiman bahkan menyampaikan permohonan maaaf kepada masyarakat atas belum maksimalnya dinas kebersihan dalam memberikan pelayanan kebersihan di Kota Medan.
 
Terkait soal kebersihan, Randiman Tarigan ingin mencontoh kota balikpapan di Kalimantan timur, dimana kebersihan kota ini sangat membanggakan,
 
“jangankan menemukan sampah, pasir dijalanan sajapun sulit untuk ditemukan di Balikpapan” Ujar randiman.
 
Diketahui Balikpapan merupakan kota dengan segudang prestasi dibidang kebersihan baik tingak nasional maupun internasional. Kota ini peraih Adipura 18 kali berturut-tuut dan adipura kencana 2013-2014. Adipura kencana merupakan penghargaan kebersihan dan tata kelola kota tertinggi di Indonesia.
 
Selain itu, Balikpapan juga berhasil meraih Environmentally Sustainable City (ESC) Award. ESC Award merupakan penghargaan internasional dalam bidang lingkungan, dengan tiga indikator yaitu clean land, clean water, dan clean air. Balikpapan berhasil dibidang clean land atau kebersihan darat.
 
Randiman menuturkan, agar kota Medan seperti Balikpapan, butuh kerjasama dan dukungan semua pihak termasuk masyarakat, bila hanya mengandalkan Dinas kebersihan akan sangat sulit dilakukan.
 
“Jika kita semua mau dan masyarakat mendukung, insya Allah Kota Medan bisa seperti Kota Balik Papan,” Ujar Randiman.
 
Walau hanya menjabat dalam beberapa bulan, Randiman Tarigan ingin memberikan yang terbaik bagi Kota kebersihan Kota Medan. DIrinya sudah menekan pihak DInas kebersihan agar disiplin dalam bekerja dan juga meminta Camat dan lurah agar senantiasa mengajak masyarakat menjadi kebersihan dan kelestarian lingkungan.