Sofyan Tan Ikut Sebagai Inisiator UU Pengampunan Koruptor

Sofyan Tan Ikut Sebagai Inisiator UU Pengampunan Koruptor
Sipayo.com – DPR RI ternyata sedang membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) Pengampunan Nasional yang nantinya dapat mengampuni berbagai tindak pidana, termasuk tindak pidana korupsi. Rancangan UU tersebut diusulakan oleh sejumlah fraksi di DPR.

Melalui dokumen berjudul’Urgensi Usul Inisiatif DPR RI atas Rancangan Undang-undang Pengampunan Nasional’ sebagaimana dilansir Detikcom, Rabu (7/10/2015), disampaikan bagaimana pertumbuhan ekonomi negara di 2015 melambat. Salah satu peran pembiayaan pembangunan adalah lewat penerimaan pajak.

RUU ini sebelumnya tidak ada di Prolegnas 2015-2019 dan sedang diupayakan untuk masuk. Pembahasannya di Badan Legislasi pun baru dimulai.

“Yang hasil korupsi, pelarian modal, pengemplang pajak, uangnya dilaporkan kepada otoroitas keuangan dan otoritas fiskal dan dimasukkan ke Indonesia. Maka nanti diampuni,” kata anggota Baleg dari PDIP Hendrawan Supratikno sebagaimana dikutip dari Detikcom, Rabu (7/10/2015).

Adapun usulan RUU Pengampunan Nasional tersebut keluar dari empat fraksi di DPR RI yakni, PDI Perjuangan (PDIP), Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Khusus dari fraksi PDI Perjuangan (PDIP), terdapat 12 nama anggota fraksi yang turut menjadi pengusul RUU Pengampunan Nasional, salah satu diantaranya adalah Dr. Sofyan Tan. Ia merupakan peraih suara terbanyak yang duduk di DPR RI dari Dapil Sumut 1 pada Pemilihan Legislatif 2014. Pria kelahiran Medan, 25 September 1959 tersebut, saat ini duduk di Komisi X DPR RI membidangi pendidikan, pemuda, olahraga, pariwisata, kesenian dan kebudayaan.

Berikut adalah nama-nama lengkap anggota DPR yang mengusulkan RUU Pengampunan Nasional untuk menjadi usul inisiatif DPR:

F-PDIP
1. Nusyirwan Soejono
2. Aria Bima
3. Dwi Ria Latifa
4. Ono Surono
5. My Esti Nijayati
6. Sofyan Tan
7. Junico BP Siahaan
8. Budi Yuwono
9. Sadarestuwati
10. Andreas Eddy Susetyo
11. Ridwan Andi
12. Henry Yosodiningrat

F-Golkar

1. Misbakhun
2. Tantowi Yahya
3. Adies Kadir
4. Dodi Alex
5. Babang Wiyogo
6. John K Aziz
7. Daniel Mutaqien
8. Kahar Muzakir
9. Muhidin Said
10. Dito Ganinduto
11. Hamka B Kady
12. Robert J Kardinal

F-PPP
1. Aditya Mufti Arifin
2. Mukhlisin
3. Amirul Tamim
4. Arwani Thomafi
5. Elviana
6. Fadly Nurzal
7. Dony A.M
F-PKB
1. Irmawan
2. Rohani Vanath