Tips Agar Program Menyusui Lancar Dan Sukses

Tips Agar Program Menyusui Lancar Dan Sukses
 
Sipayo.com – Program memberikan air susu ibu (ASI) eksklusif kepada bayi selama 6 bulan sangat dianjurkan, karena si bayi akan lebih sehat dan kebal terhadap berbagai penyakit.
 
Selain itu, secara emosional si anak akan lebih dekat daan nyaman bersama Ibunya sehingga pertumbuhan mental si anak juga akan baik dalma hubungan dengan orang tua.
 
Namun, banyak sekali program menyusui yang dijalankan oleh orangtua, khususnya ibu muda gagal. Untuk itu ada beberapa hal semestinya harus diketahui dan dilakukan seorang calon oleh seorang IBu sebelum melahirkan.
 
Menurut dr Utami Roesli, SpA, IBCLC, FABM, dari Sentra Laktasi Indonesia, Sabtu (10/10/2015) mengatakan hal pertama yang harus dilakukan adalah ibu hamil wajib mengunjungi konselor laktasi untuk belajar soal ASI, kemudian si Ibu haru melakukan inisiasi menyusui dini (IMD).
 
Salah satu penyebab program menyusui gagal adalah kurng pemahaman ibu tentang IMD. IMD perlu dilakukan karena bermanfaat untuk menimbulkan perasaan aman, tenang dan lega kepada kedua belah pihak, bukan persoalan keluar atau tidaknya ASI si Ibu.
 
Saat mengunjung ahli laktasi, Suami juga disarankan untuk ikut mendampingi karena program menyusui juga tidak terlepas dari peran serta suami.
 
Kedua, Calon ibu dan ayah disarankan memilih rumah sakit yang tidak memisahkan ibu dan bayi saat melahirkan. Karena Bayi yang dipisahkan dengan ibunya selama 6 jam hormon stressnya meningkat dua kali lipat.
 
Bila hormon stress meningkat maka daya tahan tubuh bayi akan menurun, sehingga nanti mudah sakit. Cara mencegah bayi stres adalah dengan  dengan membiarkannya ada di dekapan ibunya.  Minimal, kulit dada ibu bersentuhan langsung dengan kulit bayi. Bayi mengenali bau ibunya sehingga dia merasa nyaman dan tentram.