Akibat Longsor 6 Desa di Tanah Pinem Terisolasi

Akibat Longsor 6 Desa di Tanah Pinem Terisolasi
Sipayo.com – Intensitas hujan yang meningkat dalam kurun sebulan terakhir, mengakibatkan longsor makin parah dan mengakibatkan 6 Desa di Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi terisolasi, Rabu (11/11/2015).

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dairi, Bahrim Tarigan. Menurut Tarigan, desa yang dimaksud Alur Subur, Liang Jering, Lau Njuhar, Pasir Tengah, Mangan Molih, dan Lau Perimbon.

Lebih lanjut Tarigan megatakan, selain ditemukan rubuhan tebing yang menimpa akses transportasi, di beberapa tempat tertentu juga ditemukan titik konstruksi aspal ambles ke jurang. Bencana alam tersebut telah terjadi semenjak, Jumat (8/11/2015) lalu.

Tarigan turut mengakui, pihaknya kesulitan menangangi penanganan bencana lantaran komunikasi dengan Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Lasma Duma Tobing begitu sulit. Telpon dan pesan singkat tak dijawab.

“Ini sms saya untuk Kadis Bina Marga. Memprihatinkan, ini kepentingan masyarakat,” ujar Tarigan sebagaimana dikutip Sipayo.com dari Analisadaily.com.

Dari pantauan di lapangan, sejumlah alat berat tampak tak sebanding dengan beban kerja. Sementara itu, pemasaran hasil pertanian mulai sulit, begitupula kenderaan tak bisa lagi masuk. Stok pangan juga butuh atensi, aktivitas warga termasuk ekonomi bakal lumpuh.