Banjir Lahar Dingin Kerap Landa Kawasan Gunung Sinabung

Banjir Lahar Dingin Kerap Landa Kawasan Gunung Sinabung
Sipayo.com – Curah hujan yang terjadi cukup tinggi di kawasan Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara dalam kurun beberapa minggu terakhir, menyebabkan sering terjadi banjir lahar dingin yang melanda sejumlah desa yang berada di kaki gunung berapi tersebut.

“Saat intensitas hujan yang turun dengan lebat di daerah Gunung Sinabung, maka dipastikan banjir lahar dingin akan terjadi,” kata Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Mathius Sembiring kepada wartawan, Sabtu (7/11/2015).

Menurut Sembiring, banjir lahar dingin yang kerap terjadi tidak hanya menghancurkan rumah-rumah penduduk dan lahan pertanian warga. Namun juga telah merusak jembatan penghubung desa, dan material berupa lumpur, gelondongan kayu, serta batu besar turut menutup badan jalan di daerah itu.

“Akibat seringnya terjadi banjir lahar dingin tersebut, dikhawatirkan sarana transportasi di beberapa desa akan putus, jalan cepat rusak, serta petugas Dinas PU Karo terpaksa harus bekerja keras membersihkan,” ujarnya.

Lebih lanjut Sembiring menjelaskan, beberapa desa yang kerap dilanda banjir lahar dingin, yaitu Desa Kutambaru, Desa Perbaji, Desa Sukatendel, dan sejumlah desa lainnya di Kecamatan Tiganderket.

Umumnya beberapa desa yang kerap dilanda banjir tersebut berjarak sekitar 6 hingga 7 kilometer dari puncak Gunung Sinabung, dimana masing-masing desa juga sangat rawan terkena lintasan awan panas serta debu erupsi.

Dengan demikian, Sembiring menghimbau agar masyarakat yang berada di desa tersebut harus tetap waspada terhadap banjir lahar dingin dan juga awan panas erupsi GUnung Sinabung yang hingga saat ini masih sering mengeluarkan debu.

“Warga Karo saat ini mengalami dua bencana akibat fenomena alam, yakni erupsi Gunung Sinabung dan banjir lahar dingin yang sangat berbahaya,” kata Sembiring.