Demo Buruh 24 November 2015 Diikuti 5 Juta Orang

Demo Buruh 24 November 2015 Diikuti 5 Juta Orang
Sipayo.com – Aksi besar-besaran berupa demo dan mogok kerja akan dilakukan oleh buruh mulai pada 24 November hingga 28 November 2015 di seluruh Indonesia dalam rangka mendesak pemerintah agar membatalkan PP No.78 Tahun 2015 tentang pengupahan yang dianggap merugikan.

Aksi demo kali ini digadang-gadang akan menjadi demo terbesar dengan perkiraan 5 juta buruh akan ikut ambil bagian turut mogok nasional di 22 Provinsi di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal. Menurutnya, sekitar 5 juta buruh akan ikut ambil bagian dalam mogok nasional yang digelar pada 24 hingga 27 November 2015 di seluruh Indonesia.

“Yang udah konfirm 22 provinsi di hampir 200 kabupaten kota dan diperkirakan ada 5 juta buruh nantinya. Dasar hukum yang dipakai UU Nomor 9 Tahun 1998 tentang sampaikan pendapat,” ujarnya Said Iqbal kepada wartawan, Minggu (22/11/2015).

Iqbal juga mengatakan bahwa mogok nasional buruh bisa berlangsung dengan cepat jika tuntutan mereka segera dipenuhi oleh pemerintah.

Adapun khusus di wilayah DKI Jakarta, demo buruh akan berlangsung mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. Sejumlah titik yang menjadi pusat titik kumpul, diantaranya mulai dari Kawasan Industri Pulogadung, KBN Cakung, Pelabuhan Tanjung Priok, dan lain-lain.

Sementara titik aksi akan dilangsungkan di sejumlah kantor pemerintah, termasuk di depan Istana Negara, Gedung DPR/MPR, Kantor Gubernur, dan bahkan di jalan tol.

“Titik aksi akan dilangsungkan di depan Istana Negara, di depan Gedung MPR/DPR, di depan kantor Gubernur, di jalan tol. Pokoknya, semua serempak diatur nanti,” kata Igbal.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, Iqbal mengatakan aksi tersebut akan diikuti setidaknya 400.000 orang.