DPD HMKI Sumut Gelar Festival Budaya Karo

DPD HMKI Sumut Gelar Festival Budaya Karo
Sipayo.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) Sumatera Utara bekerjasama dengan Yayasan Pendidikan Nasional Pencawan Medan akan mengadakan Festival Budaya Karo (lomba Tari dan Perkolong-kolong) di Jambur Halilintar, Medan, Rabu (25/11/2015) mendatang.

Menurut Ketua HMKI Sumut Ruben Tarigan SE didampingi Wakil Ketua HMKI Sumut Restu Utama Pencawan SH MPd, Sekretaris  Drs Sudarto Purba dan Ketua Pelaksana Siti Aminah Peranginangin SE kepada wartawan, Kamis (19/11/2015), kegiatan kesenian tradisional Karo ini dilaksanakan dalam rangka melestarikan budaya Karo bagi kalangan generasi muda.

“Kami memilih bekerjasama dengan Yayasan Pendidikan Nasional Pencawan Medan yang telah mempunyai nama dan pengalaman dalam pelestarian budaya Karo melalui kesenian tradisional tari dan nyanyi perkolong kolong,” ujar Ruben Tarigan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Siti Aminah mengatakan, Festival Budaya Karo tersebut akan diselenggarakan pada November 2015. technical meeting tanggal 22 November 2015 di aula Yayasan Pendidikan Nasional Pencawan Medan, Jl Bunga Ncole Medan Tuntungan. Sedangkan final digelar 25 November 2015 di Jambur Hililintar, Jl Jamin Ginting Km 11 Medan bertepatan dengan Hari Guru Nasional ke-70.

“Menurut rencana, acara itu akan dihadiri sekira 3000 guru, Plt Gubsu HT Erry Nuradi, Plt Ketua DPRDSU Ruben Tarigan dan Plt Walikota Medan Drs Randiman Tarigan,” ujar Siti Aminah.

Persyaratan bagi peserta peserta adalah pelajar SMP, SMA dan SMK berumur maksimal 18 tahun. Lagu wajib dalam festival yaitu Ertutur sedangkan lagu pilihan 1. Tanah Karo Simalem, 2, Gerdang Gerdong. 3, Paksa Bulan Purnama Raya, 4, Pinta pinta, 5, Pio pio, 6, Simulih Keraben, 7. Erkata Bedil.

Menurut Siti Aminah yang juga anggota DPRDSU itu, setiap peserta tidak dikenakan biaya apapun, bagi pemenang akan diberikan hadiah piala dari Gubsu dan tabungan dari Plt Ketua DPRDSU Ruben Tarigan, Plt Wali Kota Medan Drs Randiman Tarigan, Ketua Panitia Siti Aminah dan hadiah hiburan dari Drs FJ Pinem, Ketua GPTENDIK Sumut.

“Peserta tidak dipungut biaya apapun, sementara bagi pemenang akan diberikan hadiah piala dari Gubsu. Dalam kegiatan ini akan didaulat 3 juri, yakni Anita Sembiring SE MM, Keleng Barus dan Arus Peranginangin,” terangnya.