Gawat..!!! Ternyata 60 Persen Pengidap HIV/AIDS Adalah Remaja

Gawat..!!! Ternyata 60 Persen Pengidap HIV/AIDS Adalah Remaja
Sipayo.com – Pengidap HIV/AIDS terbanyak di Indonesia ternyata berasal dari kalangan usia remaja yakni sekitar 60 persen. Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Nasional, Kemal Siregar seperti dilansir pada Okezone, Senin (30/11/2015).
 
Kemal Siregar mengatakan bahwa data terakhir pengidap HIV/AIDS di Indonesia saat ini hampir 30 ribuan. 60 Persen diantaranya merupakan berusia remaja.
 
“Di tahun terakhir itu hampir 30 ribuan penderita HIV/AIDS. Dari angka itu, 60 persen di antaranya yakni berada di usia muda, antara 15 sampai 24 tahun,” ujarnya.
 
Menurut Kemal, kebanyakan dari remaja tersebut tidak diketahui kapan waktu tepatnya mereka terken HIV. Faktor penyebabnyapun bermacam-macam, namun paling paling banyak ada faktor perilaku seks yang berisiko.
 
“Faktor penyebab tertularnya HIV itu bermacam-macam, mulai dari perilaku seks yang berisiko, penggunaan jarum suntik sampai dengan penyalahgunaan narkoba, namun paling penyebab prilku seks berisiko” Jelas Kemal.
 
Kemal menambahkan, latar belakang para remaja berusia 15-24 tahun tersebut sudah bekerja atau kuliah sambil bekerja. Jauh dari keluarga, dinilai sebagai faktor yang membuat mereka lebih cepat mengenal seks bebas.