Gunung Sinabung Kembali Erupsi Besar Hari Ini

Gunung Sinabung Kembali Erupsi Besar Hari Ini
Sipayo.com – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali mengalami erupsi dalam kurun beberapa hari terakhir, namun erupsi yang terjadi pada hari ini disebutkan paling besar dengan semburan awan panas yang mencapai tujuh kali dalam sehari.

Hal tersebut disampaikan oleh petugas pos pengamat Gunung Api Sinabung, Armen, Selasa (17/11/2015). Telah terjadi 7 kali awan panas keluar, serta satu kali erupsi.

“Awan panas guguran dan erupsinya terjadi mulai sekitar pukul 00.00 wib dan paling banyak pada pukul 08.00 wib tadi,” kata Armen kepada wartawan.

Armen menjelaskan, jarak luncur awan panas yang terjauh yakni 3500 meter mengarah ke tenggara dan timur. Sementara untuk kolom abu tertingginya mencapai 1500 meter juga mengarah ke tenggara dan timur.

“Terpantau, sebagian Gunung Sinabung tertutup kabut. Ini berpotensi erupsi lagi. Untuk kali ini, aktifitas Gunung Sinabung cukup tinggi dibanding hari kemarin,” terang Armen.

Saat ini status Gunung Sinabung masih awas atau berada di level 4. Sebanyak 9.325 jiwa dengan 2.592 KK masih berada di pengungsian yang tersebar di 9 posko yang disediakan.