Halmahera Barat Diguncang Gempa Puluhan Kali Setiap Hari

Halmahera Barat Diguncang Gempa Puluhan Kali Setiap Hari
Sipayo.com – Kabupaten Halmahera Barat yang terletak di Provinsi Maluku Utara diguncang gempa tektonik dan terjadi hingga puluhan bahkan ratusan kali dalam setiap hari.

Menurut keterangan Kepala BMKG Stasiun Geofisika Ternate, Swardi, Kamis (19/11/2015), gempa di wilayah Halmahera Barat pada 18 November kemarin mengalami gempa hingga 90 kali dengan kekuatan 2 hingga 5 skala richter (SR).

“Hari ini hingga jam 11 sudah terjadi 109 kali gempa,” kata Suwardi lagi sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Kata Swardi, gempa yang terjadi dalam kategori Swam atau bergerombol. Diperkirakan, gempa akan berlangsung dalam waktu relatif lama.

“Gempa seperti ini sudah terjadi sekitar sebulan terakhir,” ujar dia.

Sejauh ini, Suwardi belum dapat memastikan penyebab patahan ini, namun diprediksi ada beberapa faktor di antaranya adanya pergolakan magma pada gunung jenis tipe A di Halmahera Barat, kemudian patahan lokal atau karena gunung merapi.

“Bisa juga disebabkan patahan lokal karena ini yang menjadi pemicu gempa di wilayah Halmahera,” kata Suwardi lagi.

Meski demikian, Swardi menepis isu tsunami, Rabu kemarin beberapa staf Stasiun Geofisika Ternate berangkat ke Halmahera Barat. Di sana mereka memberikan pemahaman kepada masyarakat setempat soal sebab-sebab munculnya gelombang tsunami.

Salah satu hal paling mendasar yaitu bahwa tsunami biasanya hanya terjadi pada gempa dengan kekuatan 7 SR.

BMKG juga mengimbau warga setempat untuk tidak panik dengan adanya isu-isu tsunami dari orang-orang tak bertanggungjawab. Warga harus tetap waspada dan memahami struktur bangunan yang mereka tempati.