Ini Cara Presiden Jokowi Menghadapi Masalah Terorisme

Ini Cara Presiden Jokowi Menghadapi Masalah Terorisme
Sipayo.com – Terorisme menjadi salah satu isu yang dibahas di KTT G-20 di Turki. Pada kesempatan itu Presiden Jokowi menyampaikan resep atau cara untuk menangkal terjadinya terorisme.
 
Dilansir dari JPNN, selasa (17/11/2015) menurut Presiden Jokowi, dalam menghadapi masalah terorisme harus terlebih dulu menyelesaikan akar permasalahannya, antara lain memastikan pembangunan berimbang, menghentikan kekerasan dan penindasan, serta menghilangkan diskriminasi dan menegakkan demokrasi.
 
Terorisme dan ekstrimisme adalah tantangan yang perlu disikapai bersama dengan tindakan konkret” Kata Jokowi
 
Selain itu, konflik juga menimbulkan dampak negatif diberbagai kawasan dunia, hal ini ditandai dengan meningkatnya migrasi ireguler.
 
“Untuk menghadapi ekstrimisme dan terorisme dunia perlu menumbuhkan toleransi, pendekatan terpadu yang mengharuskan negara-negara bersatu dan mengesampingkan perbedaan politik dan agama” Ujarnya
 
Jokowi berpendapat bahwa Indonesia merupakan laboratorium yang menunjukan islam, kemajemukan dan demokrasi dapat berjalan beriringan.
 
Ada dua cara yang dilakukan untuk menjaga harmonisasi ini yakni menerapkan kombinasi pendekatan hard approach yakni mengedepankan penegakan huku dan keamanan dan soft approach yakni pendekatan budaya dan agama.