Ini Kata Putin Terkait Pesawat Rusia yang Ditembak Turki

Ini Kata Putin Terkait Pesawat Rusia yang Ditembak Turki
Sipayo.com – Presiden Rusia Vladimir Putin secara resmi telah memberikan pernyataan terkait penembakan pesawat Rusia yang dilakukan oleh Turki, Selasa (24/11/2015).

Putin menuduh Turki telah menikam Rusia dari belakang dan mendukung aksi terorisme setelah pesawat tempur F-16 negara tersebut menembak jatuh pesawat tempur Sukhoi Su-24 milik Rusia di perbatasan dengan Suriah.

Presiden Putin mengakui, pesawat tempur Rusia tersebut telah ditembak jatuh oleh pesawat F-16 milik Turki setelah sebelumnya pejabat Rusia mengatakan pesawat itu ditembak dari darat. (Baca: Turki Tembak Pesawat Rusia)

Namun demikian, Putin bersikeras bahwa pesat Rusia terbang di atas wilayah Suriah satu kilometer jauh dari perbatasan Turki ketika kena tembak, dan bahwa pesawat Rusia itu tidak pernah mengancam Turki.

“Peristiwa ini di luar kerangka perlawanan yang biasa terhadap terorisme,” kata Putin dalam pertemuan dengan Raja Yordania, Abdullah-II di kota Rusia, Sochi sebagaimana dikutip dari Voaindonesia.com, Rabu (25/11/2015).

Sementara itu, pihak Ankara mengatakan pesawat Rusia ditembak jatuh setelah melanggar wilayah angkasa Turki dan tidak memperdulikan 10 kali peringatan dalam jangka waktu 5 menit agar keluar. Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu menekankan negaranya berhak bertindak terhadap siapapun yang melanggar wilayah angkasanya.