10 Kota Paling Toleran, 2 Dari Sumatera Utara

10 Kota Paling Toleran, 2 Dari Sumatera Utara
Sipayo.com – Setara Institute mengumumkan hasil penelitian mereka tentang indek kota toleran 2015 di Indonesia. Hal ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Toleransi Internasional yang jatuh 16 November 2015.
 
Dari 10 kota paling toleran yang dirilis 2 diantaranya berada di Provinsi sumatera utara yakni Pematang Siantar dan Sibolga. dan 8 diantaranya semua berada di Luar pulau jawa.
 
Direktur Riset Setara Institute, Ismail Hasani mengatakan bahwa tujuan didakannya penelitian ini adalh untuk mempromosikan kota yang berhasil dalam memperjuangkan tolerenasi sehingga kota-kota lain juga termotivasi untuk mengkikuti.
 
“Tujuannya mempromosikan kota yang berhasil dan memicu kota lain untuk mengikutinya” ucap Ismail Hasan di Jakarta.
 
Peneliti Setara Institute Aminudin Syarif, menjelaskan penelitian dilakukan terhadap 94 kota dari 98 kota di Indonesia, dengan menggunakan empat variabel sebagai dasar penilaian seperti regulasi pemerintah,  rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), peraturan daerah dan tindakan dan respon pemerintah.
 
“Empat variabel ini diturunkan dalam enam indicator yang diberi skala 1-7. Satu untuk nilai paling toleran dan tujuh untuk nilai terburuk” ujar Aminudin
 
Aminudiun menambahkan dari 4 variabel dan enam indikator maka akan dapat terlihat  keberpihakan pemerintah, regulasi berupa perda diskriminatif dan hanya memikirkan kelompok tertentu saja.
 
Dari metode itu dihasilkan 10 kota paling toleran di Indonesia 2015 yakni :
1. Pematang Siantar
2. Salatiga
3. Singkawang
4. Manado
5. Tual
6. Sibolga
7. Ambon
8. Sorong
9. Pontianak
10. Palangkaraya
Berikut 10 kota yang paling tidak toleran di Indonesia :
1. Bogor
2. Bekasi
3. Banda Aceh
3. Tangerang
4. Depok
5. Bandung
6. Serang
7. Mataram
8. Sukabumi
9. Banjar
10. Tasikmalaya