Mau Jadi Fotografer? Ini 7 Tips Dasar Fotografi Yang Wajib Diketahui

Mau Jadi Fotografer? Ini 7 Tips Dasar Fotografi Yang Wajib Diketahui
 
Sipayo.com – Menjadi seorang fotografer profesional membutuhkan sebuah proses waktu, namun bukan berarti sulit untuk dilakukan karena saat ini banyak kamera yang sudah menyedikan fitur untuk menghasilkan gambar yang indah dan berkualitas.
 
Bagi anda yang masih baru menekuni dunia fotografi ada beberapa tips yang wajib anda ketahui agar anda mendapatkan hasil foto yang indah dan berkualitas. berikut tips yang dimaksud.
 
1. Ambil gambar dengan format RAW
Kebanyakan kamera saat ini memiliki kemampuan mengambil foto dengan format JPG. Namun, sebaiknya bila anda ingin menjadi seorang fotografer maka ambillan foto dengan format RAW.
Dimana dengan format RAW kita akan dapat mengatur gambar seperti tingkat pencahayaan, ketajaman gambar, dan dan lain-lain.
 
2. Jangan sering gunakan Flash
Salah satu dasar fotografi adalah sebisa mungkin tidak menggunakan lampu flash, carilah sumber cahaya alami, jika masih gelap gunakan fitur apperture, shutter dan ISO pada kamera anda.
 
3. Gunkan Lensa Yang Berbeda
perlu untuk mencoba lensa lain, walau lensa kit bawaan kamera anda sudah berkualitas tinggi. Hal ini perlu untuk menambah pengalaman anda menuju seorang fotografer handal.Dimana banyak sekali lensa yang dibuat untuk hal-hal khusus, seperti lensa makro untuk fotografi objek kecil, atau lensa telephoto untuk memotret objek yang jaraknya jauh.
 
4. Selalu bersihkan Sensor dan Lensa
Membersihkan sensor dan lensa secara berkala sangat penting, karena bila ada debu pada sensor dan lensa kamera anda maka otomatis kualitas gambar anda tidak akan maksimal. Gunakan alat pembersih khusus lensa bukan air sembarangan.
 
5. Ganti tali kamera
Gunakan tali kamera yang membuat anda nyaman ketika melakukan pemotretan atau saat membawanya.
 
6. Lakukan eksperimen dengan post-processing
Post-processing adalah proses editing gambar setelah diambil, gunakan software editing seperti photoshop Adobe Lightroom, dan Google Nik Collection. Silahkan bereksperimen agar hasil foto anda semakin indah dan berkualitas dilihat.
 
7. Ganti Kamera Pada Waktu Yang Tepat
Saat ini banyak sekali kamera yang ditawarkan dipasaran, untuk itu jangan terbawa oleh nafsu melainkan sesuaikan dengan kemampuan yang anda miliki. Bila anda sudah merasa menguasai kamera anda, berarti anda sudah dapat merencakan pembelian kamera baru.