Omar Ismail Mostefai Salah Satu Pelaku Teror di Paris

Omar Ismail Mostefai Salah Satu Pelaku Teror di Paris
Sipayo.com – Salah satu dari beberapa pria bersejanta yang terlibat dalam serangan teror di Paris, Jumat (13/11/2015) malam telah teridentifikasi. Dia adalah Omar Ismail Mostefai, seorang warga negara Perancis berusia 29 tahun.

Menurut laporan AFP, Mostefai merupakan salah satu dari tujuh penyerang yang menewaskan sedikitnya 129 orang dan melukai ratusan lainnya dalam serangkaian penempakan dan ledakan yang terjadi di ibukota Perancis.

Omar Ismail Mostefai merupakan salah satu dari tiga orang bersenjata yang menyerang teater Bataclan yang menewaskan 89 orang dalam serangan paling berdarah tersebut. Identitas Mostefai dilaporkan teridentifikasi dari jari terputus yang ditemukan di lokasi kejadian. (Baca: Video Detik-detik Terjadinya Serangan Teroris di Paris)

Mostefai diketahui lahir di pinggiran Paris dan memiliki sejumlah catatan kriminal ringan dalam rentang 2004 hingga 2010. Meski dikenal sebagai seorang kriminal, Mostefai tidak pernah dipenjara, lantaran kejahatan yang pernah dibuatnya dianggap terlalu ringan.

Menurut keterangan seorang Jaksa di Paris yang bernama Francois Molins, Mostefai adalah target utama dari aksi radikalisasi. Namun hingga kejadian penyerangan, dirinya tidak pernah diinvestigasi lantaran dianggap tidak terafiliasi dengan kelompok teroris mana pun.

Terkait penyerangan yang dilakukannya, ayah dan saudara laki-laki Mostefai saat ini telah diamankan oleh otoritas pada Sabtu petang. Tidak hanya itu, tempat tinggalnya juga turut ikut digeledah.

“Ini adalah sesuatu yang benar-benar gila. Kemarin saya ke Paris dan melihat langsung bagaimana kejadian itu,” ujar saudara laki-laki Mostafei yang kini telah berusia 34 tahun.

Saudaranya tersebut mengaku tidak lagi berhubungan dengan Mostefai sejak beberapa tahun lalu. Dia juga mengatakan bahwa Mostefai pernah terlibat kejahatan ringan. Namun, dia tidak pernah berpikir bahwa Mostefai berubah menjadi radikal.