Pilkades Kabupaten Karo Ditunda, Ada apa ?

Pilkades Kabupaten Karo Ditunda, Ada apa ?
Sipayo.com – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang seyogianya digelar tahun 2015 di Kabupaten Karo ditunda hingga tahun 2016. Pasalnya, perda pilkades belum turun dari Pemeritah provinsi Sumatera Utara.
 
Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Daerah (BPMPD) Karo Susi Iswara Bangun, SE, seperti dikutip sipayo pada indopos, kamis (12/11/2015).
“Regulasinya masih di Biro Hukum Pemprovsu. Sampai saat ini kita masih menunggu kabar” Ujar Susi
 
Menurut Susi, karena belum ada regulasi maka jadwal pilkades serentak belum dapat ditentukan, karena  sebelum dilaksanakan,  harus terlebih dahulu dilakukan beberapa tahapan sebelum hari pemilihan.
 
Susi menambahkan, walaupun sudah ada perda, pihaknya juga harus berkonsultasi terlebih dulu kepada Bupati  untuk menetapkan dan sistem pelaksanaannya.
 
“Tanpa perda kami belum bisa menyusunnya. Apabila sudah ada kabar dari Biro Hukum Pemprovsu, kita juga harus berkonsultasi kepada Bupati mengenai penetapan waktu pelaksanaan dan sistemnya,” jelas Suci.
 
Sementara itu, Kabag Pemerintah Desa dan Keluarahan, Eva Angela memastikan bagai pilkades serentak bergelombang di Kabupaten karo akan ditunda hingga tahun 2016, mengingat proses tahapan saja memakan waktu 3 bulan.
 
“Ya pilkades serentak di Kabupaten Karo tertunda dan akan dilaksanakan tahun 2016. Karena proses tahapannya saja memakan waktu 3 bulan,” ujar Eva.