PM Norwegia Kunjungi Suku Anak Dalam Sebelum Kedatangan Jokowi

PM Norwegia Kunjungi Suku Anak Dalam Sebelum Kedatangan Jokowi
Sipayo.com – Joko Widodo (Jokowi) menjadi Presiden Indonesia pertama dalam sejarah yang mengunjungi Suku Anak Dalam di hutan pedalaman Provinsi Jambi pada Jumat (30/10/2015) lalu.

“Ini Presiden pertama dalam sejarah yang datang ke Suku Anak Dalam,” kata Bupati Sarolangun H. Cek Endra di Sarolangun, Jambi kepada wartawan.

Namun sebelum kedatangan Jokowi mengunjungi Suku Anak Dalam di penghujung bulan Oktober 2015, Perdana Menteri (PM) Norwegia Erna Solberg juga ternyata pernah berkunjung, yakni tepatnya pada 15 April 2015 lalu.

Dalam kunjungannya, PM Norwegia juga sempat mencium tangan Orang Rimba atau Suku Anak Dalam. Adapun pemukiman Suku Anak Dalam yang dikunjungi Erna Solberg ketika itu adalah di Senamat Ulu, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi.

Erna Solberg ketika mengunjungi induk (perempuan) orang rimba di tenda-tenda pemukiman setelah terlebih dahulu mengadakan dialog dengan bapak-bapak orang rimba binaan KKI WARSI.

Pada awal pertemuan, anak orang rimba menyalami PM dengan mencium tangan. Kemudian Erna Solberg bertanya mengapa harus mencium tangan. Selanjutnya, anak orang rimba menjawab bahwa mencium tangan itu adalah tradisi hormat kepada seseorang.

Mendengar pernyataan mereka, Perdana Menteri Norwegia akhirnya kembali mencium tangan anak orang Rimba. Bahkan itu juga dilakukan saat bertemu dengan wanita dewasa dan wanita tua di pemukiman orang rimba tersebut.

Kunjungan Perdana Menteri Norwegia saat itu adalah dalam rangka untuk mengetahui secara langsung kondisi orang rimba, khususnya di Senamat Ulu, Kabupaten Bungo. PM Norwegia menanyakan orang rimba tentang kawasan hutan dan penghidupan mereka di hutan.