Sebuah Mobil Terseret Arus Lahar Dingin Gunung Sinabung di Sukatendel

Sebuah Mobil Terseret Arus Lahar Dingin Gunung Sinabung di Sukatendel
Sipayo.com – Curah hujan yang cukup tinggi sejak awal November 2015 di kawasan Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara membuat kawasan ini rawan dengan terjadinya banjir lahar dingin.

Seperti yang terjadi pada, Rabu (4/11/2015) sore hingga Kamis (5/11/2015) dini hari, banjir lahar dingin dengan volume yang cukup besar kembali menerjang Desa Sukatendel yang berada di Kecamatan Payung, Kabupaten Karo. Selain mengakibatkan jalan terputus, banjir lahar dingin juga turut menyeret sebuah mobil.

“Kita sekarang berada di jalur laharan di daerah pemukiman di Desa Sukatendel. Kejadian itu datangnya tiba-tiba dan akhirnya menyeret mobil milik rekan saya. Akhirnya dengan dibantu warga, mobil itu ditarik, namun sudah rusak parah,” ujar seorang saksi mata, Jeremi Bangun, sebagaimana dikutip dari medanbagus.com, Kamis (5/11/2015).

Sementara itu, Ketua Tanggap Darurat Desa Robert Tarigan menuturkan, sebenarnya di Desa Sukatendel Kecamatan Payung Kabupaten Karo sudah sangat memprihatinkan. Karena setiap turun hujan, lahar dingin pun langsung menyapu pemukiman warga.

“Kondisi masih disiagakan hingga sekarang, jika terus meningkat maka warga akan kita evakuasi ke tempat yang aman,” katanya.

Hingga kini, kondisi Gunung Sinabung masih dalam status awas atau level IV. Sementara dalam beberapa hari terakhir, aktivitas Sinabung juga terpantau terus meningkat. Selain itu, tingginya curah hujan juga turut menjadikan lintasan jalur lahar dingin rawan dengan terjadinya banjir lahar.