4 Tips Interview Kerja Saat Negosiasi Gaji

4 Tips Interview Kerja Saat Negosiasi Gaji
Sipayo.com – Negosiasi gaji merupakan salah satu hal yang mungkin dibicarakan saat interview kerja. Tidak jarang masalah gaji menjadi penyebab kita tidak menerima pekerjaan maupun kita diterima bekerja di perusahaan yang kita lamar.
 
Sebenarnya ada ada beberapa tips yang dapat kita lakukan pada saat interview terkait masalah gaji, agar terkesan “halus” dan menyenangkan, sebagaimana dikutip sipayo pada halaman time, selasa (24/11/2015).
 
1. Gali Informasi besaran gaji
Sebelum di interview sebaikanya anda mencari informasi terkait besaran gaji pada posisi kerja yang sedang anda lamar baik melalui internet, teman dan sumber terpercaya lainnya.
 
Hal ini diperlukan agar anda dapat membuat kisaran gaji yang anda minta maupun harapkan pada perusahaan. Dengan demikian, anda sudah dapat dengan mudah mengambil keputusan saat bernegosiasi.
 
2. Informasikan Besaran Gaji Anda.
Saat melamar maupun interview kita tidap perlu mengutarakan berapa besaran penghasilan kita bila tidak ditanya. Namun, bila kisaran gaji yang ditawarkan lebih rendah dari harapan kita, maka saat melamar maupun wawancara anda dapat menyampaikan informasi permintaan besaran gaji anda.
 
Namun jangan selalu berpatokan kepada besaran gaji, tanyakan juga fasilitas yang didapatkan, mana tau fasilitas yang ditawarkan sangat menarik seperti bonus, tunjangan dll.
 
3. Bersikap jujur
Pada umumnya, kita ingin mendapatkan gaji lebih besar dari pekerjaan sebelumnya. Jadi bersikaplah jujur ketika ditanya harapan anda kepada perekrut. Jangan terlalu sombong dalam mendiskusikan masalah gaji.
 
4. “Belokkan” pertanyaan
Saat mempertanyakan terkait gaji, banyak orang yang merasa tidak nyaman dan sulit memulainya. Nah, bila hal itu terjadi Anda bisa ‘membelokkan’ pertanyaan sehingga pembahasan tersebut terasa natural tanpa terdengar sudah direncanakan sejak awal.
 
Berbicaralah secara diplomatis saat mempertanyakan besaran gaji, jangan langsung to the poin misalnya  ‘Sebenarnya aku fleksibel terhadap gaji. Posisi dan potensi berkembangnya jabatan ini lebih penting untukku dari pada kompensasi. Bisakah kamu membagi informasi mengenai kisaran gaji untuk posisi ini?’.
 
Nah demikianlah beberapa tips interview saat negosisasi gaji yang dapat anda lakukan, semoga bermanfaat.