Tips Jadikan Youtube Sebagai Karir

Tips Jadikan Youtube Sebagai Karir

Sipayo.com – Sebagian orang mungkin mengagap bila situs Youtube hanya sebagai tempat untuk sarana media hiburan belaka untuk mencari berbagai video kesukaan, mulai dari video musik, game, hingga berita. Namun disisi lain, sebagian orang telah menjadikan Youtube dalam kurun beberapa tahun terakhir sebagai karir yang terbukti menghasilkan banyak uang.

Seperti kisah sukses Sugiyanto yang berasal dari Karanganyar, Jawa Tengah misalnya. Pria asal desa Jamus ini pada awalnya hanya bekerja sebagai penyedia jasa video shooting untuk acara musik dan pernikahan. Pada tahun 2009, Sugiyanto mengunggah ratusan video yang didominasi acara musik.

Saat mengunggah ratusan video tersebut di Youtube, Sugianto tidak pernah berpikir akan mendapatkan uang dari sana. Pada suatu hari, pria yang akrab dipanggil Topang tersebut menerima email dari Google yang memberitahukan bahwa video-video yang ia unggah bisa menghasilkan uang dari pemasangan iklan. Pada awalnya Topang tidak merespon, ia mengaku bingung bahkan berfikir bahwa email tersebut hanya bohongan semata.

Sekira tahun 2011, setelah mendapatkan informasi bisa menghasilkan uang dari Youtube, Topang lantas mencoba mendaftar. Prosesnya tidak terlalu sulit. Setelah memiliki akun di Youtube, Topang kemudian mendaftar di Google Adsense sesuai dengan paduan.

Diterima sebagai publisher, Topang kemudian mengaitkan iklan dari Google Adsense untuk seluruh video yang pernah dia unggah di Youtube. Dua bulan kemudian, dia berhasil mendapat 119 dolar Amerika, yaitu sekira Rp900 ribuan waktu itu.

Setelah berhasil sukses mendapatkan uang dari Youtube, Topang kemudian mengaku mengenjot upload video di Youtube. Sekarang Topang mengaku bisa mendapatkan Rp40 juta setiap bulannya.

Dari kisah sukses Topang yang telah disajikan di awal tulisan diatas? Lalu bagaimana tips dan cara menjadikan Youtube sebagai saranan karir yang dapat menghasilkan uang seperti layaknya bekerja di kantoran?

1. Membuat Akun Youtube
Membuat akun Youtube tidak terlalu sulit, bila Anda pernah membuat akun di salah satu produk Google seperti Gmail misalnya, maka akun tersebut sebenarnya bisa digunakan untuk membuat akun di Youtube. Langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah membuka situs Youtube.com, kemudian klik login dengan memasukkan username dan password Gmail Anda.

Setelah berhasil masuk di Youtube.com, maka selanjutnya adalah membuat channel untuk akun Youtube Anda. Untuk memulai tahapan ini, silahkan klik link “My Channel” yang ada pada bagian sebelah kiri situs Youtube. Nantinya akan muncul pilihan, apakah Anda ingin menggunakan nama asli (seperti hanya sewaktu mendaftar Gmail) atau menggunakan nama lain sebagai nama di Channel Youtube.

2. Upload video ke Youtube
Agar dapat menghasilkan uang dari Youtube, maka Anda harus memiliki konten video yang orginal, yaitu video yang benar-benar memang hasil dari buatan Anda sendiri. Sebagai tambahan video tersebut juga harus unik, serta terbebas dari video yang dilarang Youtube, seperti video yang melanggar kesusilaan, norma agama, dan hukum. Adapun video unik yang dimaksud dapat berupa video tutorial, memancing, rekreasi, dan lain sebagainya.

3. Membuat Video Anda Menjadi Populer

Semakin banyak video Anda ditonton oleh pengguna Youtube, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan uang. Umumnya dengan jumlah penonton yang lebih dari 1000 orang, maka akan menghasilkan penghasilan sebanyak 1 dolar Amerika.

Agar keberadaan video Anda semakin banyak ditonton, maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu diataranya:

  • Rajin mengupload vide yang bermanfaat, unik dan juga menarik. Perlu juga diperhatikan kualitas video yang Anda buat. Semakin baik resolusi sebuah video yang Anda upload tentu semakin baik pula kualitasnya.
  • Fokuslah mengunggah konten yang sesuai dengan yang anda minati. Bila Anda mempunyai keahlian dalam bermain gitar, maka cobalah fokus membangun video yang berhubungan dengan gitar. Dengan demikian, maka pengguna Youtube akan lebih mudah mengenali Channel Youtube Anda.
  • Ajak juga para audiens untuk menjadi subcriber Channel Youtube Anda. Semakin banyak subscriber, maka peluang untuk mendatangkan penonton video yang Anda upload semakin besar.
  • Promosikan video atau Channel Youtube Anda melalui media sosial lainnya, seperti di Twitter dan Facebook.

4. Mendaftarkan Google Adsense
Memang ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari Youtube. Namun sebagian besar orang lebih memilih program Google Adsense untuk sumber penghasilan dari konten video di Youtube. Ketika telah memiliki akun Google Adsense, maka segeralah tautkan Google Adsense tersebut dibeberapa video yang telah Anda unggah di Youtube.


Demikianlah tips menjadikan Youtube sebagai karir yang dapat menghasilkan uang untuk Anda. Agar Anda semakin memahami tips yang sudah kami tulis diatas, maka Anda juga dapat mempelajarinya lebih dalam lagi menonton cuplikan video berikut ini: