Turki Tembak Pesawat Rusia, NATO Turut Mendukung

Turki Tembak Pesawat Rusia, NATO Turut Mendukung
Sipayo.com – Jet tempur F-16 milik Turki berhasil menembah jatuh pesawat tempur Su-24 Rusia di perbatasan Suriah. NATO turut menyatakan dukungan terhadap Turki.

Dukungan terhadap Turki dikemukakan oleh Kepala NATO Jens Stoltenberg, menurutnya aliansi militer yang dipimpinnya mendukung Turki setelah insiden yang terjadi pada Selasa (24/11/2015) tersebut. Namun demikian, Stoltenberg juga menghimbau agar semua pihak tetap tenang.

“Kami menyatakan solidaritas dengan Turki dan mendukung integritas wilayah sekutu NATO kami, Turki,” tegas Stoltenberg usai pertemuan darurat 28 negara anggota NATO. Pertemuan tersebut diadakan atas permintaan Turki selaku anggota NATO.

“Diplomasi dan penurunan eskalasi penting untuk menyelesaikan situasi ini,” imbuhnya seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (25/11/2015).

Pihak militer Turki membela diri bahwa pesat tempur Rusia ditembak jatuh oleh dua jet tempurnya setelah melanggar wilayah udara Turki. Menurut Dubes Turki untuk PBB Halit Cevik melalui suratnya kepada Dewan Keamanan PBB, pesawat tempur Rusia tersebut terbang lebih dari 1 mil ke dalam wilayah udara Turki selama 17 detik.

Disisi lain, pihak Moskow membantah pernyataan Turki tersebut. Moskow bersikeras bahwa pesawat tempurnya ditembak jatuh oleh Turki di wilayah udara Suriah.

Presiden Rusia Vladimir Putin pun mengecam keras aksi Turki dan mengancam akan adanya konsekuensi serius bagi hubungan kedua negara. Putin menyebut insiden itu sebagai “tikaman di belakang yang dilakukan para kaki tangan teroris”.

Atas insiden ini, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov membatalkan rencana kunjungannya ke Turki pada Rabu (25/11/2015) ini. Dia juga turut mengingatkan warga Rusia untuk tidak bepergian ke Turki