Video Turki Tembak Pesawat Rusia

Video Turki Tembak Pesawat Rusia

Sipayo.com – Angkatan bersenjata Turki telah menembak jatuh sebuah pesawat tempur milik Rusia, Selasa (24/11/2015) di daerah teritori Suriah dekat perbatasan dengan Turki.

Kejadian ini merupakan pertama kalinya sejak tahun 1950-an sebuah negara anggota NATO menembak jatuh pesawat milik Rusia atau Uni Soviet.

Kementerian Pertahanan Rusia telah membenarkan pesawat yang jatuh tersebut adalah milik negaranya dengan jenis Sukhoi 24. Menurut Kementeriaan Rusia, pesawat tersebut sedang melakukan misi pemboman di Suriah namun jatuh karena ditembak jatuh oleh pesawat F-16 milik Turki.

Dari pihak Turki mengatakan, pesawa ditembak jatuh setelah melanggar wilayah angkasa negara tersebut dan tidak mempedulikan 10 kali peringatan dalam jangka waktu 5 menit agar keluar.

Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu menekankan negaranya berhak bertindak terhadap siapapun yang melanggar wilayah angkasanya.

Sementara pihak Moskow bersikeras pesawatnya tidak pernah meninggalkan wilayah Suriah. Begitupula Presiden Putin mengatakan pesawa itu terbang di atas wilayah Suriah satu kilometer jauhnya dari perbatasan Turki ketika kena tembak, dan bahwa pesawat Rusia itu tidak pernah mengancam Turki.

“Peristiwa ini di luar kerangka perlawanan yang biasa terhadap terorisme,” kata Putin dalam pertemuan dengan Raja Yordania, Abdullah-II di kota Rusia, Sochi sebagaimana dikutip dari Voaindonesia.com, Rabu (25/11/2015).

Berikut adalah cuplikan video Turki tembak pesawat Rusia hingga jatuh dan meledak, sementara dua pilot melompat dari pesawat dengan menggunakan parasut. Hingga kini, nasib kedua pilot tersebut masih belum jelas.

Video Turki Tembak Pesawat Rusia