Alasan Pemeritah Brazil Larang Wanita Hamil

Alasan Pemeritah Brazil Larang Wanita Hamil
Sipayo.com – Pemerintah Brazil melalui Kementerian Kesehatan resmi melarang wanita hamil untuk waktu sementara. Kebijakan ini tepaksa dikeluarkan karena tingginya kasus virus Zika yang menyebabkan ganguan perkembangan otak pada bayi yang baru lahir (microcephaly).
 
Infectologist pediatrik di Oswaldo Cruz Hospital, Angela Rocha mengungkapkan keputusan ini sangat penting dan mengharapkan keluarga dapat menunda kehamilan mereka.
 
“Ini keputusan yang sangat penting. Jika keluarga dapat menunda rencana kehamilan mereka, itulah yang kami rekomendasikan,” Ujar ANgela seperti dikutip pada CNN, sabtu (26/12/2016).
 
Saat ini, sudah ada lebih 2.400 kasus microcephaly di 20 negara bagian Brazil. Peningkatan yang sangat signifikan bila dibandingkan 147 kasus tahun lalu. Sudah 6 negara bagian brazil dinyatakan dalam keadaan darurat.
 
Virus Zika penyebab terjadinya Microcephaly yang membuat bayi lahir dengan kepala abnormal-sangat kecil sehingga memengaruhi tumbuh kembang dan berisiko mengalami kematian dini.