Apa Hasil Putusan MKD Terkait Kasus Setya Novanto?

Apa Hasil Putusan MKD Terkait Kasus Setya Novanto?
Sipayo.com – Rapat Majelis Kehormatan Dewan (MKD) menurut rencananya akan digelar siang ini menentukan putusan kasus Setya Novanto. Sebelumnya sudah ada 4 orang yang dimintai keterangan dalam kasus ini, diantaranya Sudirman Said, Maroef Sjamsoeddin, Setya Novanto, dan Luhut Pandjaitan.

Saat ini publik tengah menantikan hasil putusan MKD terkait kasus yang melibatkan Ketua DPR Setya Novanto tersebut. Lalu apa sebenarnya yang akan menjadi hasil keputusan MKD, apakah Novanto akan diberhentikan sebagai ketua DPR RI?

Anggota DPR dari Partai Gerinda Desmond J Mahesa memprediksi putusan MKD DPR terkait kasus ‘papa minta saham’ bakal mengecewakan meski sudah ada pelanggaran etika.

“Jadi apapun putusan hari ini alasannya, bagi saya putusan hari ini adalah salah satu bentuk putusan yang mengecewakan publik,” kata Desmond di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (16/12/2015).

Desmond memprediksi hal itu berdasarkan gejala yang sudah ada, sebagaimana misalnya pengusaha Reza Chalid tidak jadi dihadirkan di MKD oleh DPR. Padahal dalam rekaman itu Reza terlibat pembicaraan dengan Ketua DPR Setya Novanto dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin.

“Tidak dihadirkannya Reza itu salah satu bentuk cacat. Kecuali kalau sudah dipastikan pelanggaran etika, Reza tidak dihadirkan itu bisa dimaklumi,” kata dia.

Putusan MKD bakal memengaruhi dorongan mundurnya Novanto dari kursi Ketua DPR. Namun bila Novanto diputus tak melanggar etika, tentu itu bakal mengecewakan publik.

“Menurut saya, putusan ini kalau tidak sesuai dengan harapan masyarakat, tidak terjadi pelanggaran etika, dan Reza tidak dihadirkan, itu salah satu bentuk cacat,” kata Desmond.