Baru 14 Persen terisi, Waduk Jatigede Sudah Hasilkan Listrik 8 MW dan Airi 40 Ribu Ha Sawah

Baru 14 Persen terisi, Waduk Jatigede Sudah Hasilkan Listrik 8 MW dan Airi 40 Ribu Ha Sawah
 
Sipayo.com – Waduk terbesar kedua di Indonesia Waduk Jatigede baru diresmikan Pemerintah dan mengairinya Agustus 2015 lalu. Walau masih terairi 14 persen, waduk ini sudah dapat menghasilkan listrik sebesar 8 MW.
 
Waduk Jatigede terletak di Desa Cijeunjing, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, memiliki kapasitas  980 juta meter kubik air. Dimanfaatkan untuk air baku 3.500 liter per detik  untuk kabupaten Cireboun dan Indramayu dan mengairi sawah seluas 90.000 hektar.
 
Di waduk ini juga akan dibangun pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sebesar 110 megawatt oleh PT PLN untuk memenuhi kebutuhan listrik Jawa dan bali. Rencanya akan siap beroperasi 2019 akan datang.
 
Kepala Satuan Non Vertikal Terpadu (SNVT) Pembangunan Waduk Jatigede, Airlangga Mardjono mengatakan walau baru terisi 14 persen, waduk ini sudah dapat menggerakkan PLTA Parakan-Kondang dengan daya suplai 8 megawatt dan mengairi sawah seluas 40 ribu hektar.
 
“Waduk Jatigede sekarang bisa menyuplai air untuk PLTA Parakan-Kondang dengan daya suplai 8 megawatt dan dengan lepasan air 40 meter kubik mampu mengairi irigasi sawah seluas 40 ribu hektar,’ Ujar Airlangga.