Begini Cara Mengetahui Tahu Berformalin Menurut Polisi Ini

Begini Cara Mengetahui Tahu Berformalin Menurut Polisi Ini
 
Sipayo.com – Tahu merupakan salah satu makanan yang digemari masyarakat. Selain murah, kandungan protein yang dikandung juga sangat baik untuk kesehatan.
 
Karena laku dan mudah cara membuatnya, banyak saja pihak yang ingin merusak kualitas Tahu dengan menggunakan formalin dengan tujuan mendapatkan untung sebanyak-banyaknya.
 
Hal ini dilakukan oleh para pelaku, karena dengan menggunakan formalin Tahu akan menjadi lebih awet tidak mudah busuk.
 
Dilansir pada halaman liputan6, Kasubdit Industri dan Perdagangan (Indag) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya AKBP Agung Marliyanto menuturkan alasan banyak produsen tahun mencapur tahun dengan formalin.

“Tahu itu bahan dasarnya 2, air dan protein tinggi. Tidak mudah bertahan lama. Kenapa dicampur formalin? Pertama menghemat karena murah dan (membuat tahu) tahan lama. Formalin untuk mengawetkan jenazah,” Ujar AKBP Agung kepada wartawan saat membongkar bisnis pabrik tahu milik  Siti Maidah (30) pemilik UD NJM di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (4/12/2015).
 
AKBP Agung juga membeberkan cara mengetahui ciri-ciri Tahu berformalin yakni:
1. Teksturnya lebih keras dari tahu yang tak menggunakan formalin, 
2. Tahu berformalin lebih kenyal jika ditekan dan
3. Dapat bertahan selama lebih dari 10 hari walau tidak dimasukan ke lemari pendingin.
 
Menurut Agung Tahu itu bertahan biasanya hanya 3 hari, namun ada juga produsen pengawet makanan legal dan bisa bertahan lebih dari 3 hari.
 
“Tahu itu bertahan hanya 3 hari biasanya dan ada (produsen) yang menggunakan pengawet untuk membuatnya tahan lama, tapi pengawetnya legal. Artinya tidak membahayakan selama dicampurkan ke tahu dalam ukuran tertentu,” terang Agung.