Cara Mencegah Kanker Serviks Sejak Usia Dini

Cara Mencegah Kanker Serviks Sejak Usia Dini
Sipayo.com – Mencegah Kanker serviks dapat melalui dua cara yakni pencegahan primer dan sekunder. Pencegahan primer yakni dengan pemberian Vaksin dan sekunder dengan cara melakukan skrining berupa pap smear.
 
Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan penyakit penyebab kematian pertama pada wanita. Penyakit ini disebabkan oleh virus HPV atau Human Papilloma Virus tipe 16 dan 18.
 
Ahli kandungan dari Bethsaida Hospitals, Andriana Kumala Dewi mengatakan virus HPV umumnya menular dari hubungan seksual sehingga vaksin ini sebaiknya diberikan kepada mereka yang belum pernah berhubungan seksual.
 
“Vaksin HPV ini dianjurkan untuk diberikan kepada anak usia 11-13 tahun atau paling dini bisa diberikan kepada anak usia 9 tahun,” ujar Andriana
 
Hal ini juga direkomendasikan oleh American Academy of Pediatrics dan The Advisory Committee of Immunization Practices. Karena pada usia tersebut antibodi manusia sangat bagus.
 
Jenis Vaksin yang diberikan adalah vaksin bivalent diberikan 3 kali. MUlai dari bulan ke-0 (saat disuntikan), dilanjutkan pada buka kesatu dan yang terakhir pada bulan ke-6.
 
Sedangkan untuk dewasa, diberikan atau yang sudah berhubungan badan adalah vaksisn Quadrivalen. Selain vaksin, dianjurkan juga untuk melakukan skrining berkala.