Ilmuwan Temukan Cara Hidup Hingga Usia Lebih 100 Tahun

Ilmuwan Temukan Cara Hidup Hingga Usia Lebih 100 Tahun
Sipayo.com – Sebentar lagi, harapan umur hidup hingga seratus tahun lebih bukan hal yang sulit. Pasalnya, para ilmuawan berhasil menemukan empat gen yang dapat meningkatkan umur seseorang.
 
Dikutip dari Science Alert, Rabu (30/12/2015), gen tersebut berhasil ditemukan setelah para ilmuawan menganalisis genom beberapa orang tua yang berhasil hidup melewati 90 tahun.
 
 
Penemuan ini diharapkan nantinya mampu menjadi obat penyakit yang berhubungan dengan usia atau agar umur manusia lebih panjang.
 
Hal ini juga merupakan temuan terbaru dalam studi untuk menjawab mengapa orang-ornag terntun mampu hidup dengan usia lanjut.Penelitian ini dipimpin oleh ahli genetika Stuart Kim dari University of Stanford. 
 
Adapaun keempat gen itu adalah ABO, yang menentukan golongan darah; CDKN2B, yang mengatur siklus hidup sel; SH2B3, yang telah terbukti memperpanjang umur pada lalat buah; dan salah satu gen HLA, yang terlibat dalam proses bagaimana sistem kekebalan tubuh mengenali sel kita sendiri. Keempat gen tersebut bergabung menjadi sebuah varian dari APOE.
 
“Saya optimistis bahwa dalam hidup kita atau anak-anak kita, akan ada kemajuan ilmiah yang luar biasa yang bisa mengubah cara kita berpikir tentang umur panjang,” Ujar Kim.