Ini Cara Mudah Membuat Anggaran Bulanan Keluarga

Ini Cara Mudah Membuat Anggaran Bulanan Keluarga
Sipayo.com – Membuat anggaran bulanan  keluarga hal yang sangat perlu dibuat. Hal ini berguna untuk menjaga dan mengendalikan pengeluaran yang berlebihan.
 
Adanya anggaran bulanan keluarga setiap bulan juga akan memudahkan anda dalam merancang masa depan keuangan keluarga, seperti berapa yang dapat ditabung, melunasi hutang dan keperluan lainnya.
 
Untuk itu, sipayo.com memberikan beberapa tips mudah menyusun anggaran bulanan keluarga seperti dikutip pada halaman dummies.com, sabtu (26/12/2015).
 
1. Kategorikan pengeluaran anda.
Mengelompokan jenis pengeluaran akan memudahkan anda menyusun anggran, Mulailah dengan pengeluaran yang besar dan rutin.
 
2. Kelompokan kebuthan primer dan sekunder
Hal ini sangat penting, agar kita mampu mendahulkan belanja yang utama (primer) seperti, kebutuhan pokok, listrik, air dll.
 
3. Rampingkan pengeluaran anda.
BIla anda sudah menyusun anggaran berdasarkan dua hal diatas, coba kembali seleksi dan rampingkan besaran uang yang harus dikeluarkan sedapat mungkin.
 
4. Buat perkiraan harga
Gunakan nota, bon/faktur belanja yang sudah lewat untuk mengetahui perkiraan  berapa harga maupun biaya yang haru dikeluarkan.
 
Itulah tips mudah untuk menyusun anggran bulanan keluarga yang dapat anda lakukan. Biasakanlan membuat anggaran setiap bulan agar anda dapat merancang keuangan keluarga lebih baik.