Ini Perbedaan Miss World dan Miss Universe

Ini Perbedaan Miss World dan Miss Universe

Sipayo.com – Pertanyaan Apa beda Miss Universe dan Miss World, kerap dipertanyakan oleh masyarakat karena secara sekilas kedua ajang ini sepertinya sama padahal banyak sekali perbedaanya.

 
Hal yang membuat masyarakat merasa kedua kontes kecantikan ini sama karena waktu digelarnya kegiatannya juga hampir bersamaan, sehingga bila yang belum mengetahui perbedaanya maka Miss Worl dan Miss Universe itu sama.

(baca juga: Miss Filipina Jadi Miss Universe 2015, Miss Jerman Tidak Terima)

 
Dilansir dari beritasatu (22/12/2015) beberapa perbedaan miss worl dan miss universe.

Kapan dua ajang Miss Worl dan Miss Universe itu digelar?

Yang mungkin membuat bingung awam pekan lalu adalah waktu pelaksanaan yang mepet satu sama lain. Namun umumnya dua kontes itu digelar beda bulan, meski tidak ada batas waktu yang tegas dalam menggelar grand final. Biasanya antara Agustus sampai September. Yang jelas, masing-masing ajang konsisten dalam inkonsistensi ini.

 

Di mana tempat Miss Worl dan Miss Universe Digelar?

Seperti namanya, masing-masing ajang itu bisa digelar di belahan bumi mana pun. Namun sering kali mereka menggelar final beberapa kali di negara yang sama. Bedanya adalah Miss World tidak terlalu “Amerika sentris” seperti MIss Universe, yang dalam lima tahun terakhir menggelar tiga kontes di AS. Lokasi sangat ditentukan oleh sponsor.

 

Siapa pemilik Miss Universer dan Miss World?

Mungkin Anda tak kaget lagi bahwa Miss Universe Organization lekat dengan nama triliuner AS Donald Trump, yang sekarang menjadi kandidat presiden AS dengan berbagai kontroversinya. Ini menjelaskan kenapa ajang ini kerap digelar di AS. Namun Trump telah menjual Miss Universe Organization ke perusahaan AS WME/IMG September lalu, menyusul penghentian kerjasama dengan NBC Universal. Sementara itu Miss World Organisation didirikan oleh warga Inggris Eric Morley, dan jabatan CEO diambil alih oleh istrinya Julia Morley setelah dia meninggal pada 2000. jadi Anda bisa bedakan Miss Universe sangat kental urusan bisnisnya, sementara Miss World lebih sebagai ajang kekeluargaan.

 

Mana diantara Miss World dan Miss Universe yang paling sering digelar?

Jawabannya menjelaskan kenapa dua kontes ini sulit dinilai mana yang lebih prestisius. Tahun ini Miss World digelar untuk yang ke-65, sementara Miss Universe ke-64. Beda tipis.

 

Dari sisi peserta?

Untuk tahun ini, Miss World diikuti lebih banyak peserta dari Miss Universe, 115 perempuan berbanding 80.

 

 Siapa saja peserta Miss Worl dan Miss Universe?

Dalam hal ini sama, peserta harus lebih dulu menjuarai tingkat nasional di masing-masing ajang. Cuma sedikit beda di nama. Misalnya di Amerika, untuk ikut grand final harus menjadi Miss USA di Miss Universe atau Miss World America di ajang Miss World.

 

Bagaimana penilaian Miss Worl dan Miss Universe?

Terlepas dari perbedaan soal bikini, maisng-masing ajang menilai penampilan peserta dalam gaun malam dan banyak tahapan wawancara. Seleksi Miss World juga meliputi kerja sosial peserta, penggunaan multimedia, kemampuan fisik dan bakat. Miss Universe membuat sedikit terobosan tahun ini dengan melibatkan peserta untuk menilai secara online dalam skala 0-10 tentang penampilan gaun, bikini dan wawancara. Miss Universe juga menilai peserta dalam pakaian khas negara masing-masing.

 

Apa hadiah Miss Worl dan Miss Universe?

Sulit diukur hadiah untuk masing-masing pemenang. Sebagai gambaran, pemenang Miss Universe tahun lalu asal Kolombia, Paulina Vega, mendapat gaji satu tahun penuh, bebas sewa apartemen di New York, beasiswa satu tahun di New York Film Academy, kerja modeling, duta profesi dan kehumasan, undangan ke berbagai pertemuan, baju-baju gratis dan lain-lain. Sedangkan hadiah Miss World tak begitu jelas, tapi berwujud tunai.

Satu hal yang menjadi perbedaan Miss World dan Miss Universe adalah, pada kontes bikini, dimana pada sejak tahun 2014 Miss World tidak lagi mengadakan kontes bikini sedangkan Miss Universe masih tetap mengadakannya. (baca juga : Bikini Seksi Miss Filipina Antar Dirinya Jadi Miss Universe 2015)