10 Kata yang Paling Dicari di Google Tahun 2015

10 Kata yang Paling Dicari di Google Tahun 2015
Sipayo.com – Menjelang penutupan tahun 2015, raksasa mesin pencari Google kembali mengumumkan daftar pencarian paling populer atau yang disebut dengan istilah Year in Search sepanjang tahun oleh masyarakat pengguna internet Indonesia.

Dari hasil kata yang paling sering dicari di Google sepanjang tahun 2015 tersebut memberikan sudut pandang menarik terhadap tren, serta peristiwa menarik dan hangat berdasarkan kata kunci yang ditelusuri oleh kalangan netizen Indonesia. Sebagai hasilnya, ‘batu akik’ menjadi pencarian terpopuler di Indonesia.

“Batu akik menjadi kata pertama paling sering dicari karena begitu besar rasa ingin tahu netizen soal batu akik. Ini memperlihatkan tren yang terjadi ketika itu, di mana banyak orang mencari tahu soal batu akik, pencariannya berkisar seperti ciri-ciri batu akik yang asli, cara membedakannya, dan lain sebagainya,” ungkap Country Industry Head Google Indonesia Henky Prihatna.

Berbeda dengan tahun 2014 silam, untuk tahun 2015 ini Google mengelompokkan pencarian terpopuler berdasarkan momen tertinggi, dan bukan berdasarkan banyaknya pencarian.

“Pencarian terpopuler ini jadi berdasarkan peak, bukan yang terbanyak. Kami mengelompokkan yang tertinggi saat momen itu, kemudian dibandingkan dengan peak yang lain lalu diambil yang peak paling tinggi,” jelas Henky.

Hengky menambahkan, tren semacam ini disebut Google sebagai micro moments. Fakta menarik lainnya, netizen benar-benar memperlakukan ponsel sebagaimana layaknya teman sendiri untuk bertanya tentang apapun, bahkan pertanyaan paling mudah sekalipun.

“Mulai dari informasi model rambut yang tengah tren, resep makan malam, bahkan pertanyaan seperti ‘apakah saya harus melanjutkan S2’,” paparnya.

Selain batu akik, di deretan tiga teratas pencarian terpopuler ada Go-Jek dan kue cubit. Secara lengkap, daftar 10 besar pencarian terpopuler Google sepanjang 2015 adalah sebagai berikut.

1. Batu akik
2. Go-Jek
3. Kue Cubit
4. Angeline
5. Olga Syahputra
6. Dubsmash
7. Furious 7
8. Tragedi Mina
9. Goyang Dumang
10. Piala Presiden