Kenapa Iwan Fals Dilarang Manggung Di Malam Tahun Baru oleh Polisi?

Kenapa Iwan Fals Dilarang Manggung Di Malam Tahun Baru oleh Polisi?
Sipayo.com – Acara perayaan malam Tahun Baru bertajuk Gemilang 2016 yang diselenggarakan di Pantai Karnaval Ancol dan rencananya akan disiarkan MNCTV akhirnya batal menampilkan salah satu musisi top tanah air, Iwan Fals.

Iwan Fals batal manggung di acara Gemilang 2016 karena alasan surat ijin keramaian tidak dikeluarkan oleh kepolisian. Namun anehnya, hanya Iwan Fals saja yang tidak mendapatkan izin, padahal acara musik lainnya dapat izin keramaian. Ada apa? Kenapa Iwan Fals tidak diberi ijin oleh pihak kepolisian?

Ada isu yang beredar, bahwa nama Presiden Jokowi disebut-sebut turut dalam pembatalan manggung Iwan Fals oleh aparat berwajib kali ini. Pasalnya, pada konser tunggal Iwan Fals yang dihelat November lalu, ia menciptakan lagu yang menyindir janji-janji Jokowi. (Baca: Iwan Fals Tagih Presiden Lewat Lagu Janji-janji Jokowi)

Saat itu, melalui lagunya IWan Fals berseru kepada penonton dan berharap bahwa janji Jokowi semoga bukan janji kompeni. Dalam lirik lagu tersebut terdapat pengharapan Iwan, ‘janji Jokowi semoga terbukti, janji jokowi sungguh dinanti-nanti.

Ketika dikonfirmasi adanya sinyalem tersebut kepada Rossana alias Yos, manajer sekaligus istri Iwan Fals. Ia langsung menolak anggapan itu. “Basi pertanyaanya. Tidak ada hubungannya. Kerja kami selalu bismillah. Dikontrak, nyanyi, untuk menghibur,” tutur Yos sebagaimana dikutip dari Bintang.com.

Sementara itu, Agus Sudarno selaku Wakil Direktur Rekreasi Ancol hanya mengungkapkan, pembatalan Iwan Fals manggung di acara perayaan malam Tahun Baru bertajuk Gemilang latanran surat izin Iwan tampil belum diterima oleh pihaknya.

“Berhubung surat izin untuk Iwan Fals tampil belum diterima, maka kami mengambil langkah tersebut. Kami tidak mau mengambil resiko, kalau izin sudah diterima, kami tidak pernah menutup untuk siapa saja tampil di Ancol, apalagi Iwan Fals,” terang Agus.

Disisi lain, ketika hal ini dikonfirmasi kepada Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes M. Iqbal justru membantah bahwa pihaknya tidak memberikan ijin kepada Iwan Fals untuk manggung di Ancol.

“Tetap diizinkan pada tanggal 1 (Januari) siang, ini agar menghindari macet, tidak ada soal apa-apa,” imbuh Iqbal menyebutkan alasan.

Sebagaimana diketahui, acara Gemilang 2016 MNCTV sendiri tetap akan berlangsung tanpa kehadiran Iwan Fals. Sederet penyanyi dan musisi kenamaan dipastikan turut ambil bagian, di antaranya band Wali, Saipul Jamil, SherleyMey, Wika Salim, dan Duo Racun Youbi Sister. Acara ini akan disiarkan secara langsung oleh MNCTV dari Pantai Festival Ancol, mulai pukul 21.00 WIB.