Natal Mamre GBKP Klasis MKL Tampil dengan Nuansa Budaya Karo

Natal Mamre GBKP Klasis MKL Tampil dengan Nuansa Budaya Karo
Sipayo.com – Perayaan Natal Mamre Klasis Medan Kampung Lalang (MKL) yang diselenggarakan di Jambur Diakonia Rimbun Baru, Sabtu (12/12/2015) tampil dengan nuansa budaya Karo.

Pernak-pernik perayaan natal, seperti pohon terang terbuat dari kain beka buluh yang dihiasi dengan lampu. Selanjutnya acara penyambutan prosesi yang menjadi awal acara Natal juga turut diiringi musik tradisional Karo, serta sekaligus kata pembuka yang dinyanyikan dengan seni khas Karo, nuri-nuri.

Tidak cukup sampai disitu, Pertua yang membawakan acara persikapen juga tampil dengan pakaian khas Karo berupa tudung. Tidak ketinggalan pula, Pdt. Erwin Sembiring Gurky, S.Th yang membawakan Khotbah juga terlihat mengenakan pakaian adat Karo.

Tampak pula seluruh panitia acara natal dan jajaran pengurus Mamre GBKP Klasis MKL menunjukkan budaya Karo yang mehamat dengan cara mengenakan sarung, mulai dari awal hingga akhir acara.

Pengurus Mamre GBKP Runggun Sei Padang Medan di Acara Natal Mamre Klasis GBKP MKL
Perayaan Natal Mamre klasis MKL yang mengambil thema ‘Jadilah Aron Dibata’ dan sub thema ‘Mamre nggit Ipelimbarui pusuh ras perukurenna lako naksiken kiniulin Tuhan alu mediate man tinepa Dibata’ tersebut tampak dihadiri sekitar 500 orang, baik dari kalangan Mamre dan juga Moria.

Tampak juga kehadiran beberapa orang pengurus Mamre GBKP Pusat di acara ini. Selain itu, puluhan pengurus dan anggota Moria GBKP MKL yang menjadi undangan juga tampak turut hadir, sekaligus membawakan koor diperayaan natal ini.

Pada acara varia Natal, tepatnya saat seluruh peserta Natal tengah menikmati makan siang bersama. Turut ditampilkan pula tari perkolong-kolong yang dibawakan oleh siswa-siswi dari SMK Pencawan Medan.

Penampilan Tari Pekolong-kolong di Acara Natal Mamre GBKP Klasis MKL
“Kentalnya nuansa budaya Karo di acara Natal Mamre GBKP Klasis MKL memang sangat tepat dengan program GBKP yang mencanangkan tahun 2015 sebagai tahun peningkatan sosial ekonomi dan budaya jemaat,” ujar Ketua Mamre GBKP Runggun Sei Padang Medan, Henry Andreas Pinem menanggapi nuansa budaya Karo yang terasa kental pada perayaan Natal tersebut.

Pinem yang turut menghadiri acara Natal Mamre GBKP Klasis MKL bersama beberapa pengurus Mamre GBKP Sei Padang berharap agar kearifan lokal masyarakat Karo yang tidak bertentangan dengan iman Gereja dapat benar-benar semakin mengemuka melalui GBKP.

“Semoga GBKP selalu berada di garda terdepan dalam rangka melestarikan budaya Karo. Begitupula agar perayaan Natal Mamre GBKP Klasis MKL dapat menjadi contoh dalam rangka melestarikan kebudayaan di tengah-tengah kalangan jemaat,” harapnya.