Profil Agus Rahardjo Ketua KPK Periode 2015-2019

Profil Agus Rahardjo Ketua KPK Periode 2015-2019
Sipayo.com – Agus Rahardjo akhirnya terpilih sebagai ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru periode 2015-2019 melalui proses pemilihan oleh Komisi III DPR RI, Kamis (17/12/2015). Keterpilihan Agus sebagai Ketua KPK setelah berhasil mengungguli empat calon lainnya.

Dari 54 anggota DPR RI yang memiliki hak suara, Agus Raharjo mendapatkan 44 suara, sementara kolega dan juga pesaingnya Basari Panjaitan mendapatkan 9 suara, dan Saut Situmorang memperoleh 1 suara. Dengan demikian, Ketua KPK untuk masa bakti 2015-2019 kemudian ditetapkan dipengang oleh Agus.

Profil Agus Rahardjo

Sosok Agus Rahardjo memang tergolong unik dan menarik, salah satunya terlihat dari total uang di rekening pejabat eselon II di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) ini hanya berjumlah Rp20 juta. Sementara kekayaannya adalah sebidang tanah di Jonggol, kavling tanah di Bumi Serpong Damai, Tanggerang Selatan dan di Citra Raya, Tangerang.

Agus mengaku memperoleh kekayaan tersebut dengan cara menabung. Menabung dari gaji yang diperolehnya, serta saat dirinya masih aktif sebagai pembicara di lembaga internasional di Paris, seputaran tahun 1995 hingga 1997. Sebelum dikenal sebagai Kepala LKPP, Agus Raharjdo juga pernah menjabat sebagai Direktur Sistem & Prosedur Pendanaan, Bappenas.

Selebihnya, karir Agus Rahardjo banyak dihabiskan sebagai pegawai negeri sipil yang memiliki background pendidikan teknik. Awalnya Agus bercita-cita menjadi kontraktor, namun kemudian nasib membawanya menjadi seorang PNS.

Agus juga pernah tercatat sebagai Ketua Umum DPP Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia. Namun ia kemudian mengundurkan diri dari sana pada tahun 2010 karena kesibukannya di LKPP.

Pada tahun 2011, Agus Rahardjo bersama sejumlah pejabat, diantaranya Ketua KPK Busyro Muqodas kala itu, Kepala BPKP Mardiasmo, dan Menhan Purnomo Yusgiantoro pernah melakukan deklarasi anti korupsi.

Pada tanggal 17 Desember 2015, Agus Rahardjo akhirnya terpilih menjadi Ketua KPK periode 2015-2019. Selain dirinya, pimpinan KPK lainnya yang turut terpilih, diantaranya Basaria Panjaitan (Irjen Pol), Alexander Marwata (hakim Adhoc pengadilan tipikor), Laode Muhamad Syarif (dosen Unhas dan konsultan hukum), dan Saut Situmorang (Staf Ahli BIN).

Biodata Agus Rahardjo

Nama Lengkap :  Ir. Agus Rahardjo, MSM
Tempat/Tanggal Lahir : Magetan,  1956

Riwayat Karir
:
2006 : Kepala Pusat Pengembangan Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Publik (PPKPBJ) yang menjadi cikal bakal LKPP
2010 : Ketua LKPP menggantikan Roestam Syarief. Agus Rahardjo menjabat Kepala LKPP hingga 2015.
2015 : Ketua KPK