Profil Alexander Marwata

Profil Alexander Marwata
Sipayo.com – Alexander Marwata adalah salah satu dari beberapa calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang akan mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR. Siapakah sebenarnya sosok Alexander, sehingga dianggap layak menjadi salah satu pimpinan KPK?

Agar kita lebih mengenal sosok Alexander Marwata, maka berikut adalah profil dan data singkatnya, baik dari segi pendidikan, dan juga pekerjaanya selama ini.

Alexander Marwata yang kini telah berusia 48 tahun mengecap pendidikan Sekolah Dasar di SD Plawikan I Klaten (Jateng) dan lulus pada tahun 1980. Kemudian dia melanjutkan sekolah di SMP Pangudi Luhur Kalaten dan lulus pada tahun 1983.

Selanjutnya, ia melanjutkan pendidikan di SMAN I Yogyakarta dan lulus pada tahun 1986. Pada tahun 1995 dia berhasil menamatkan pendidikan D-IV dari STAN, Akutansi, Jakarta. Menyusul pada tahun 2001 dia berhasil menamatkan pendidikan Hukum dari Universitas Indonesia Depok.

Dalam karir, sejak tahun 2010-2011, Alexander Marwata menjabat sebagai Divisi Hukum dan HAM di Kanwil HUM HAM DIY. Pada tahun 2011-2014 ia kemudian menjabat sebagai Kepala Divisi Pelayanan Hukum & HAM di Direktorat Jenderal HAM Kementerian Hukum & HAM.

Adapun sejak tahun 2012 hingga saat ini, Alexander Marwata menjabat sebagai Hakim Ad Hoc Tipikir di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Demikianlah sekilas profil Alexander Marwata yang kini telah resmi ditetapkan sebagai salah satu calon pimpinan KPK. Akankan dirinya akan diangkat sebagai pimpinan KPK? Kita tunggu saja hasilnya sebagaimana uji kepatutan dan kelayakan yang kini tengah berlangsung di Komisi III DPR.