Yuan Resmi Jadi Mata Uang Dunia Oktober 2016 Mendatang

Yuan Resmi Jadi Mata Uang Dunia Oktober 2016 Mendatang
Sipayo.com – Dana Moneter Internasional (IMF) akan meresmikan Yuan menjadi menjadi salah satu mata uang dunia mulai 1 Oktober 2016 mendatang. Dengan demikian mata uang Tiongkok ini akan bebas digunakan dimana saja.
 
Hal ini diputuskan oleh organisasi beranggotakan 188 negari ini melalui rapat dewan Petinggi IMF pada Senin (30/11) kemarin, seperti dilansir pada halaman IMF, selasa (1/12/2015).
 
IMF menganggap Yuan sudah layak dan memenuhi syarat sebagai mata uang dunia bersama Dollar AS, Euro, Poundsterling dan Yen.
 
Dengan demikian Yuan sudah masuk dalam Special Drawing Rights (SDR) dengan komposisi yuan memiliki bobot 10,92 persen, di atas yen (8,33 persen), dan poundsterling (8,09 persen). Namun, di bawah euro (30,93 persen), dan dolar AS (41,73 persen).
 
Direktur Pelaksana IMF Christine Legarde mengatakan keputusan Yuan menjadi salah satu mata uang dunia merupakan sebuah pencapaian dan pengakuan atas reformasi sistem keuangan Tiongkok dalam beberapa tahun belakangan ini. Menurutnya, kebijakan ini akan mendorong stabilitas dan pertumbuhan ekonomo dunia.
 
Perkembangan, dan langkah pendalaman ini akan memperkaya sistem keuangan dan moneter, yang pada akhirnya akan mendorong stabilitas dan pertumbuhan ekonomi Tiongkok dan global,” kata Christine.