Anak Terkena DBD? Ini Pertolongan Pertama Yang Dapat Dilakukan

Anak Terkena DBD? Ini Pertolongan Pertama Yang Dapat Dilakukan
Sipayo.com – Dalam situasi cuaca yang tidak menentuk, kita muda sekali terkena penyakit demam berdarah (DBD). Pasalnya, selain nyamuk yang menjadi penyebar berkembang dengan baik, tubuh kita juga belum begitu kuat ata stabil akibat menyesuaikan diri.
 
Anak, merupakan kelompok umur yang sangat mudah terkena penyakit ini . Untuk itu orang tua harusnya sigap dan tanggap bila ada gejala-gejala demam berdarah pada si anak.
 
Bagaimana pertolongan pertama yang dapat dilakukan orang tua bila pada si anak terlihat gejala demam berdarah ?
 
Ketua Divisi Infeksi Departemen Kesehatan Anak FKUI Dr. Mulya Rahma Karyanti menjelaskan bahwa salah satu gejala anak terkena demam berdara (DBD) adalah demam dengan suhu yang tinggi.
Untuk itu pertolongan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan banyak air minum  kepada si Anak.
 
“Jika anak demam mendadak dengan suhu yang tinggi, berikan saja minum air putih sesering mungkin agar tidak dehidrasi. Bisa juga dengan memberi minuman bernutrisi seperti jus,” Kata Dr Mulya
 
Selain air putih dan jus, Orangtua juga dapat memberikan cairan elektrolit seperi susu dan nutrisi yang lengkap. Dirinnya menyarankan obat penurun panas (paracetamol) dapat diberikan sekali dalam empat jam. Kompres dengan air hanat pada lipatan lemak si anak.
 
Menurut Dr Mulya, sering sekali si Ibu menganggap mengkompres itu di bagian jidat,  padahal dalam hal ini sebaikan di kompres pada lipatan lemak seperti ketiak dan pangkal paha.
 
“Prinsip obat pada anak penderita DBD adalah dengan memberinya banyak cairan agar tidak dehidrasi. Jika anak sulit untuk diberi asupan minum, cara terakhir adalah dengan memberi infus,” Jelas Dr Mulya