Apa dan Bagaimana Itu Bom Hidrogen ? Ini Penjelasannya

Apa dan Bagaimana Itu Bom Hidrogen ? Ini Penjelasannya
Sipayo.com – Kabar suksesnya Korea Utara menguji coba Bom Hidrogen membuat dunia heboh. PBB dan negara-negara banyak mengecam bahkan kuatir atas keberhasilan tesebut.
 
Sebenarnya Apa dan bagaimana Bom Hidrogen sehingga membuat kuatir banyak pihak ? Dilansir pada amzine, kamis (7/1/2016) Bom Hidrogen adalah merupakan senjata yang paling merusak pernah diciptakan manusia. Kekuatannya 25.000 kali bom atom yang pernah dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki.
 
Bom Hidrogen memilik perbedaan dengan Bom Atom yang selama ini dikenal. Dimana Bom Atom melepaskna enegi dengan reaksi fisi dari Atom berat seperti Uranium dan Plutonium.
 
Sedangkan, Bom Hidrogen melepaskan energi dengan mengabungkan secara bersama-sama inti ringan seperti deuterium atau tritium (fusi) yang mampu mengubah lebih banyak materi menjadi energi.
 
Bom Hidrogen bekerja melalui dua tahap, yakni melalu ledakan Bom fisi yang kemudian menggunakan memicu reaksi bahan bakar fusi yang membuat ledakan berantai.
 
Prinsip Bom Hidrogen pertama kali diuji pada 9 Mei 1951 oleh Militer Amerika Serikat, sedangkan Bom hidrogen yang sebenarnya pertama kali diuji 1 November 1952 di di Atol Enewetak di Pasifik yang diberi nama operasi ivy Mike.
 
Uji coba tersebut mengahsilkan kekuatan 10,4 megaton TNT atau 450 kali lebih kuat dari bom atom yang jatuh di Nagasaki. Uji Coba yang diberi nama Castle Bravo, menggunakan deuterium lithium padat memilii kekuatan 15 mega ton TNT.