Baru Lulus Kuliah, Ini Tips Agar Mudah Dapat Kerja

Baru Lulus Kuliah, Ini Tips Agar Mudah Dapat Kerja
Sipayo.com – Setelah tamat kuliah (fresh graduate), tentu setiap orang ingin langsung dapat pekerjaan. Namun saat ini, hal itu sepertinya sangat sulit karena umumnya salah satu syarat yang ditetapkan oleh perusahaan ketika membuka lowongan kerja adalah sudah berpengalaman.
 
Selain syarat yang sudah ditentukan sudah berpengalaman, persaingan pencari kerja juga sangat ketat. Sehingga hanya orang-orang yang memiliki nilai plus saja yang kemungkinan besar mendapat pekerjaan.
 
 
Namun, ada beberapa tips yang dapat kita lakukan agar anda langsung mendapat kerja walaupun baru lulus kuliah (fresh graduate) seperti dikutip pada cheatseet, senin (4/1/2016) berikut:
 
1. Bekerja sebagai Relawan
Setelah tamat kuliah tentu anda butuh mengasah keterampilan agar lebih mantap dan mendapat pengalaman. Salah satu jenis pekerjaan yang dapat anda lakukan adalah menjai relawan (Volunteer).
 
Bila anda sudah memiliki pengalaman, maka anda akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang lain.
 
2. Bekerja sebagai pekerja lepas
Setelah lulus kuliah anda juga dapat bekerja sebagai pekerja lepas, agar kemampuan anda semakin terasah dan lebih baik lagi saat masih kuliah.
 
3. Magang
Dengan bekerja magang, akan memperkaya riwayat kerja anda sehingga dengan demikian anda sudah membuka jalan untuk mecari pekerjaan yang lebih baik.
 
4. Rajin Melihat informasi lowongan kerja
Sembari melakukan ketiga hal diatas anda juga sebaiknya senatiasa melihat informasi lowongan kerja baik dari online, koran maupun dari teman-teman.
 
Jangan terlalu memilih-milih pekerjaan, yang terpenting anda nantinya sudah memiliki pekerjaan.