Cara Mengambil Foto di Instagram Tanpa Menggunakan Software

Cara Mengambil Foto di Instagram Tanpa Menggunakan Software
Sipayo.com – Beberapa waktu yang lalu penulis Sipayo.com sempat berdiskusi sengit dengan seorang teman yang mengatakan bahwa hanya upload foto di Instagram aman dari pembajakan. Intinya menurut seorang teman tersebut, meski kita mempublikasikan foto di media sosial yang dikhususkan untuk saling berbagi foto tersebut, maka foto tersebut tidak akan dapat diambil atau disimpan oleh orang lain.

Apa yang dikatakan seorang teman tersebut tentu dibantah oleh penulis Sipayo.com. Menurut penulis, seluruh konten yang telah kita bagikan di media online apabila sifatnya dibagikan secara terbuka, maka konten tersebut baik berupa teks, foto, dan video dapat dengan mudah diambil atau disimpan oleh orang lain.

Saat berdiskusi dengan seorang teman tersebut, penulis memang belum dapat membuktikan bagaimana caranya agar foto di Instagram dapat diambil oleh pengguna lainnya. Namun saat itu, penulis hanya berkeyakinan bahwa foto-foto yang diupload di Instagram pasti dapat didownload meski tanpa software sekalipun.

Hari ini, iseng-iseng penulis mencoba ingin membuktikan pernyataan terhadap teman tempo hari, yaitu pembuktian tentang cara mengambil foto di Instagram tanpa menggunakan software. Ternyata, tidak sampai 10 menit, hal tersebut dapat terwujud dengan mudah. Namun eksprimen cara mengambil foto di Instragam yang penulis lakukan kali ini adalah menggunakan Personal Komputer (PC) dan bukan menggunakan HP atau ponsel.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dilakukan penulis dalam rangka mengambil foto di Instagram tanpa menggunakan software:

1. Kunjungi akun Instagram yang ingin diunduh fotonya (Misalnya: www.instagram.com/karobukanbatak)


2. Klik salah satu foto yang hendak diambil atau diunduh fotonya (Contoh: Lihat gambar berikut)

3. Kemudian klik kanan foto yang hendak diambil yang kemudian diikuti klik (contoh: Lihat gambar berikut)

4. Akan muncul tampilan Page Source halaman Instagram seperti gambar berikut ini

5. Tekan tombol Ctrl dan F di Keyboard, maka akan terlihat seperti tampilan berikut ini

6. Pada bagian Find in page silahkan ketik “.jpg” tanpa tanda kutip, maka akan terlihat tampilan sebagai berikut ini


7. Copy alamat url gambar yang ditemukan, kemudian paste di tab browser yang baru (Lihat gambar berikut)

8. Klik kanan foto yang muncul, dan silahkan simpan gambar dengan cara klik kanan, kemudian pilih Save Image As

Itulah langkah-langkah cara mengambil foto di Instagram tanpa menggunakan software. Namun cara tersebut diatas hanya berlaku ketika kita menggunakan PC atau Laptop. Ketika kita menggunakan ponsel, maka caranya tentu berbeda dengan tips dan trik ini. Namun demikian, mengambil foto di Instagram melalui ponsel juga tentunya bisa dilakukan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat…