Cara Mudah Membedakan Smartphone Android Asli atau Palsu

Cara Mudah Membedakan Smartphone Android Asli atau Palsu
Sipayo.com – Perkembangan ponsel pintar (smartphone) Android saat ini begitu cepat. Setiap vendor berlomba-lomba menciptakan produk terbaru mereka yang membuat kita terkadang sulit untuk memilih ponsel mana yang akan kita beli.

baca juga (Trik Cara Buat Akun Instagram Lebih dari Satu di Android)

 
Sistem operasi Android yang sifatnya terbaka (Open Source) membuat banyak pihak dengan leluasa membuat ponsel berbasis sistem operasi yang dikembangkan google ini.

baca juga (Cara Blokir Telepon dan SMS Spam di Android)

 
Hal tersebut juga membuat, banyak juga pihak yangtidak bertanggung jawab membuat replika smartphone android merek-merek terkenal untuk dijual dipasaran. Tujuannnya jelasa adalah untuk mendapatkan keuntungan besar.
 
Smartphone Android palsu (replika), bila diperahatikan sekilas sangat mirip dengan smartphone android asli. Jadi kemungkinan besar kita bisa saja tertipu.
 
Untuk menghindari anda jadi korban, anda dapat menyimak cara membedakan smartphone android asli atau palsu yang kami himpun dari berbagai sumber dibawah ini, rabu (20/1/2015).
 
1. Cek Langsung Bentuk Fisik
Fisik ponsel android palsu sangat identik dengan perangkat asli, maka dari itu sebelum membeli carilah spesifikasi ponsel tersebut, kemudian cocokan dengan ponsel yang hendak akan beli.  Misalnya, Material fisik ponsel tersebut.
 
2. Cek Nomor IMEI
Nomor IMEI selalu berbeda-beda disetipa ponsel, untuk itu cek IMEI Ponsel yang hendak anda beli dengan menekan nomor *#06#. Cocokan nomor IMEI tersebut dengan IMEI yang ada di kotak.
 
3. Menggunakan aplikasi ketiga
Gunakan aplikas gratis yang ada pada Google Play Store untuk melihat informas ponsel tersebut seperti AnTuTu Benchmark atau CPU-Z. Dari aplikasi ini dapat kita ketahui review spesifikasi pada ponsel anda.

baca juga ( 5 Aplikasi Android Populer Buatan Indonesia )

 
Bila hasil reviewnya sangat jauh dari spesifikasi yang ada, maka sudah jelas ponsel yang adan beli adalah palsu.
 
4. Menguji Kamera
Uji kamera ponsel kamera yang hendak anda beli, karena bila ponsel itu palsu maka sudah dapat dipastikan kameranya juga tidak berkualias sama seperti ponsel yang asli.
 
5. hati-hati dengan harga murah.
Pada umumnya, ponsel replika alias palsu ditawarkan dengan harga yang sangat murah jauh dibawah ponsel aslinya. Jadi layak anda curiga bila ada orang yang menawarkan ponsel dengan harga dibawah pasaran.